Pembelajaran Tari Sanduk Sebagai Materi Ajar Muatan Lokal Di SMP Arjuno Kelas VII Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu
Main Author: | Mieke Depy Setyorini; Mahasiswa UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/17713 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Setyorini, Mieke Depy. 2011. Pembelajaran Tari Sanduk Sebagai Materi Ajar Muatan Lokal di SMP Arjuno Kelas VII Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Dra. Purwatiningsih, M. Pd, (II): Drs. Supriyono. Kata kunci: Pembelajaran, Tari Sanduk, Muatan Lokal Batu adalah daerah yang memiliki beragam kesenian, dan salah satunya adalah kesenian Sanduk. Kesenian Sanduk terbagi atas tari Sanduk dan musik pengiring. Tari Sanduk berkembang di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Untuk melestarikan kesenian daerah tersebut maka tari Sanduk dipilih sebagai materi ajar muatan lokal di SMP Arjuno Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Dan di SMP Arjuno ini merupakan satu-satunya sekolah yang terdapat mata pelajaran muatan lokal tari Sanduk. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan tentang informasi (1) Bentuk penyajian tari sanduk yang diajarkan di SMP Arjuno kelas VII Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, (2) Pelaksanaan pembelajaran tari Sanduk di SMP Arjuno kelas VII Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang meliputi persiapan dan penyampaian materi ajar tari sanduk pada mata pelajaran muatan lokal tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian guru dan siswa. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dengan mengorganisasikan data, mengelompokan data serta klasifikasi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini mencakup dua hal mendasar yaitu: (1) Bentuk Penyajian tari Sanduk yang meliputi: motif gerak, ragam gerak, tata rias dan tata busana, serta musik iringan; (2) Pelaksanaan pembelajaran tari Sanduk yang meliputi; persiapan pembelajaran tari Sanduk dan penyampaian materi ajar tari Sanduk. Persiapan pembelajaran tari Sanduk di SMP Arjuno berlangsung sesuai dengan perangkat yang disusun yaitu SILABUS dan RPP, Penyampaian pembelajaran tari Sanduk terdiri dari (1) Kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; (2) Strategi pembelajaran tari Sanduk menggunakan strategi pengenalan; (3) Metode pembelajaran tari Sanduk menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, drill, dan kerja kelompok; (4) Media pembelajaran tari Sanduk berupa video tari sanduk, televisi, VCD Player, gamelan, kaset pita, tape, dan poperty tari serta sarana dan prasarana berupa ruang kesenian; (5) Pengelolaan kelas yang dilaksanakan oleh guru meliputi; (1) Pemberian motivasi dan (2) Menciptakan kelas kondusif dan produktif. Beberapa saran yang diberikan penulis, diharapkan materi muatan lokal di SMP Arjuno sebaiknya menjadi panutan bagi seluruh SMP Se-Kota Batu karena menjadi salah salah satu sekolah yang terdapat mata pelajaran muatan lokal tari Sanduk, agar para siswa dapat melestarikan budaya bangsa. Dan dengan adanya penelitian ini bahwa muatan lokal merupakan suatu bentuk upaya nyata lembaga pendidikan untuk ikut melestarikan kesenian daerah setempat.