Video Mixtape Gostreem Sebagai Sarana Publikasi Dan Informasi Streetball
Main Author: | Muhammad Zulfikar; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/13329 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Zulfikar, Muhammad. 2011. Video Mixtape Gostreem Sebagai Sarana Publikasi Dan Informasi Streetball”. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn, (II) Moch. Abdul Rahman, S.Sn, M.Sn. Kata Kunci: Video Mixtape, Streetball, Gostreem, Publikasi dan Informasi. Streetball adalah jenis olahraga variasi dari pengembangan bola basket, tetapi ada perubahan yang mengabaikan aturan-aturan misalnya double ball, traveling, back ball, dan lain-lain. Sesuai aturan didalam streetball yang berlaku di Indonesia, serta beberapa unsur trik dan freestyle yang digunakan dalam melewati lawan di dalam gerakannya. Streetball mulanya kurang diterima di Indonesia karena banyak orang yang menganggap bahwa streetball merusak pola permainan basket konvensional, hal tersebut memunculkan pemikiran pada sebagian pebasket bahwa streetball merupakan sebuah hal yang salah sehingga masih kurang bisa diterima masyarakat, untuk itulah dilakukan dilakukan berbagai cara dalam mengenalkan streetball agar mampu diterima, diantaranya dengan menggunakan video klip atau biasa disebut dengan Video Mixtape. Berdasarkan dari rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penulisan ini yaitu menghasilkan sebuah video mixtape yang akan berfungsi sebagai sarana informasi dan publikasi komunitas streetball “Gostreem”. Video Mixtape adalah kompilasi cuplikan-cuplikan dan lagu-lagu yang direkam dalam urutan tertentu (wikipedia). Mixtape biasanya mencerminkan selera dari kompilator (orang yang mengkompilasi musik), dapat berkisar dari lagu-lagu favorit yang terkonsep jadi sebuah lagu yang dihubungkan dengan tema sesuai suasana hati atau tujuan konsepnya. Eseis Geoffrey O’Brien menyebutkan, mixtape merupakan karya seni yang banyak dipraktekkan di Amerika, dan banyak penggemar mixtape percaya bahwa dengan memilih dan memesan track dalam mengkomposisi video mixtape yang Artistik dapat mengembangkan kombinasi lagu-lagu secara individu. Model perancangan yang digunakan dalam perancangan ini adalah model perancangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, dimana menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Diawali dengan merumuskan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan beberapa masalah yang akan dipecahkan didalam Perancangan Video Mixtape Gostreem. Untuk memecahkan masalah maka perlu diadakan identifikasi terhadap klien, target audience dan kompetitor. Dari identifikasi yang didapat mengenai klien, target audience dan kompetitor maka penulis akan menganalisa data yang didapat. Melalui analisa data maka didapatkan data-data yang diperlukan untuk mengembangkan konsep dari desain promosinya. Analisa data terdiri dari SWOT (Strenght, weakness, opportunity and treatment).