PERANCANGAN VIDEO KLIP BAND INDIE MALANG EBONI AND IVORY DENGAN JUDUL THE WALK BESERTA MEDIA PENDUKUNGNYA

Main Author: pugud maraldila
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/seni-desain/article/view/10477
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Maraldila, Pugud. 2010. Perancangan Video Klip band indie Malang Eboni and Ivory dengan judul The Walk beserta media pendukungnya. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni & Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Pranti Sayekti, S.Sn, M. Si (II) Moch. Abdul Rohman, M.Sn Kata kunci: video klip “Eboni and Ivory” adalah band indie yang berasal dari kota Malang, dengan aliran Shoeghaze. Lagu,materi dan style mereka menjadi satu tujuan yang menunjukkan bahwa band “Eboni and Ivory” menyajikan hal-hal yang baru, Kadang-kadang tidak menutup kemungkinan mereka rela melakukan segala hal agar tujuan mereka tercapai dan mendapatkan nama di kalangan musisi Shoegaze lain di Malang hingga luar kota.Tetapi tidak sedikit masyarakat di Malang yang belum mengenal musik Shoegaze untuk mengetahui apa sebenarnya di balik musik ini.tujuan perancangan ini adalah menciptakan video klip lagu “The Walk” karya band indie “Eboni and Ivory” band beserta media sebagai upaya mengenalkan aliran musik Shoegaze sekaligus promosi band indie Eboni and Ivory. Model Perancangan video klip Eboni and Ivory ini menggunakan metode perancangan prosedural yang bersifat deskriptif yaitu memaparkan langkah-langkah prosedural yang ditempuh oleh peneliti dalam menghasilkan produk. model penelitian dalam melakukan perancangan ini mengadopsi dari Effendy(2002:10) dalam bukunya “Mari Membuat Film” yakni melalui beberapa tahap ide dasar yang mengacu pada alur cerita yang akan disampaikan nantinya, kemudian persiapan dan properti pendukung apa saja yang akan digunakan untuk pendukung pembuatan video, kemudian memasuki tahap produksi, yaitu mulai shoot (pengambilan gambar) dengan menggunakan berbagai properti yang disiapkan pada saat pra produksi. Setelah usai tahap ini, kita memasuki tahap post-produksi. Perancangan ini terdiri dari media utama berupa vidoe klip Eboni and Ivory dengan judul The Walk, dan media komunikasi visual yang digunakan sebagai pendukung. Media pendukung terdiri dari: poster,x-banner,floor adv,flag chain,stiker,kaos band, pin dan cover CD Kesimpulan skripsi perancangan ini adalah bagaimana membuat sebuah video klip sebagai upaya mengenalkan aliran musik Shoegaze sekaligus untuk mempromosikan band indie “Eboni and Ivory”.