Pengembangan Media Video Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi untuk Siswa SMP Kelas VIII

Main Author: ROSYIFATUL AIMMAH; Mahasiswa
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-inggris/article/view/77232
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media video berbasis masalah untukpembelajaran teks ekplanasi yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan kebutuhan siswa SMP kelas VIII, serta melaporkan hasil kelayakan produk media video berbasis masalah berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, praktisi, dan subjek uji coba.Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (analisa), (2) Design (desain /perancangan, (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi/eksekusi), (5) Evaluation (evaluasi/ umpan balik). Hasil penelitian menunjukkanuji produk kepada ahli media, ahli materi, ahli praktisi/guru, dan siswa mencapai (1) hasil validasi ahli media mencapai 91,25%, (2) hasil validasi ahli materi mencapai 73,80%,(3) hasil validasi praktisi/guru mencapai 91,30%, (4) hasil uji coba siswa mencapai 95,90% dengan tindak lanjut implementasi. Rekapitulasi hasil validasi keseluruhan mencapai 88,60%. Sesuai dengan pedoman skor, persentase yang diperoleh Media Video Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi untuk Siswa SMP Kelas VIII tergolong layak diimplementasikan.