Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 8: Penggunaan Strategi Berpasangan di SMPN 1 Gondangrejo, Karanganyar

Main Author: yuanita dewayanti; Mahasiswa
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-inggris/article/view/74639
Daftar Isi:
  • Tujuan dari pengajaran kemampuan berbicara untuk siswa sekolah menengah pertama adalah untuk mengkomunikasikan secara interpersonal, transaksional, dan fungsional. Sedangkan berdasarkan wawancara terhadap guru bahasa Inggris SMPN 1 Gondangrejo, Karanganyar dan studi awal, beberapa masalah ditemukan pada kemampuan berbicara siswa terutama pada cara pengucapan, tatabahasa, dan kefasihan siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, strategi pair work diusulkan sebagai strategi untuk dilakukan di kelas. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII-A, SMPN 1 Gondangrejo, Karangnyar. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Dalam pelaksaan strategi pair work untuk pengajaran kemampuan berbicara, dilakukan dalam empat tahap. Di tahap mengamati, siswa ditugasi untuk mengenal materi yang akan diajarkan. Di tahap menanyakan, siswa diminta bertanya segala hal yang belum ia ketahui berhubungan dengan materi ajar. Di tahap mengeksplorasi, siswa ditugaskan untuk diskusi dalam berpasangan. Terakhir adalah mengkomunikasi, siswa ditugaskan untuk mempresentasikan hasil diskusi. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksaan strategi pair work dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Nilai rata-rata ujian akhir kemampuan berbicara siswa adalah 80,1 dan terdapat 87,5% siswa teah mencapai keberhasilan. Berdasarkan hasil kuisioner siswa, sebagian besar dari mereka memberikan komentar yang positif dan respon yang baik terhadap implementasi strategi bercerita. Sedangkan menurut hasil lembar observasi, kebanyakan dari siswa terlibat aktif dan menunjukkan sikap yang positif selama proses pembelajaran. Dengan kata lain, strategi pair work merupakan sebuah strategi yang baik untuk digunakan mengajar kemampuan berbicara.
  • ABSTRAK Tujuan dari pengajaran kemampuan berbicara untuk siswa sekolah menengah pertama adalah untuk mengkomunikasikan secara interpersonal, transaksional, dan fungsional. Sedangkan berdasarkan wawancara terhadap guru bahasa Inggris SMPN 1 Gondangrejo, Karanganyar dan studi awal, beberapa masalah ditemukan pada kemampuan berbicara siswa terutama pada cara pengucapan, tatabahasa, dan kefasihan siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, strategi pair work diusulkan sebagai strategi untuk dilakukan di kelas. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII-A, SMPN 1 Gondangrejo, Karangnyar. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Dalam pelaksaan strategi pair work untuk pengajaran kemampuan berbicara, dilakukan dalam empat tahap. Di tahap mengamati, siswa ditugasi untuk mengenal materi yang akan diajarkan. Di tahap menanyakan, siswa diminta bertanya segala hal yang belum ia ketahui berhubungan dengan materi ajar. Di tahap mengeksplorasi, siswa ditugaskan untuk diskusi dalam berpasangan. Terakhir adalah mengkomunikasi, siswa ditugaskan untuk mempresentasikan hasil diskusi. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksaan strategi pair work dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Nilai rata-rata ujian akhir kemampuan berbicara siswa adalah 80,1 dan terdapat 87,5% siswa teah mencapai keberhasilan. Berdasarkan hasil kuisioner siswa, sebagian besar dari mereka memberikan komentar yang positif dan respon yang baik terhadap implementasi strategi bercerita. Sedangkan menurut hasil lembar observasi, kebanyakan dari siswa terlibat aktif dan menunjukkan sikap yang positif selama proses pembelajaran. Dengan kata lain, strategi pair work merupakan sebuah strategi yang baik untuk digunakan mengajar kemampuan berbicara.