CULTURAL INFORMATION IN THE ENGLISH TEXTBOOK “WHEN ENGLISH RINGS THE BELL” FOR THE SEVENTH GRADERS OF SMP/MTS

Main Author: Nuningtyas Kusumawati
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-inggris/article/view/71643
Daftar Isi:
  • ABSTRACT: Using the rubric taken from Kilickaya’s article entitled “Guidelines to Evaluate Cultural Content in Textbooks,” this study is to answer: 1) whether English Textbook “When English Rings the Bell” for the seventh graders of SMP/MTs covers cultural information and 2) how cultural information is covered in the English textbook. The study shows that 1) the English textbook covers cultural information; and. 2) the ways the English textbook “When English Rings the Bell” present the cultural information for the seventh graders are shown by the content of the textbook and the activities in the book.
  • ABSTRAK Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang sangat penting dalam pendidikan di Indonesia karena banyak rujukan atau sumber belajar tertulis dalam bahasa Inggris, misalnya jurnal maupun buku teks. Buku teks bahasa Inggris menjadi sumber belajar peserta didik memuat aspek-aspek kebudayaan sesuai dengan latar belakang penulis buku tersebut. Penelitian ini adalah penelitian analisis konten deskripsi yang bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah buku teks bahasa Inggris “When English Rings the Bell” kelas VII SMP/MTs mencakup aspek-aspek kebudayaan dan 2) bagaimana aspek-aspek kebudayaan termuat dalam buku teks bahasa Inggris “When English Rings the Bell” kelas VII SMP/MTs menggunakan rubrik pertanyaan mengenai isi buku teks terkait dengan aspek-aspek kebudayaan terdiri dari instrumen pertanyaan yang diadaptasi dari artikel dari Kilickaya yang berjudul “Guidelines to Evaluate Cultural Content in Textbooks”. Data didapat menggunakan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan buku teks bahasa Inggris “When English Rings the Bell” kelas VII SMP/MTs memuat kebudayaan lokal lebih banyak daripada kebudayaan asing, yang dapat dilihat dari gambar dan dialog yang ada di buku teks karena peserta didik masih dalam tahap pembelajaran level awal sehingga diharapkan peserta didik agar mengenal kebudayaan lokalnya lebih dekat sebelum mempelajari kebudayaan asing. Materi yang dijabarkan di buku teks memuat tentang hal-hal di sekitar peserta didik sehingga peserta didik merasa familiar dengan topik yang diberikan. Topik yang dijabar tidak memuat komentar yang baik ataupun buruk karena dapat menimbulkan tanggapan yang tidak diharapkan. Kesimpulannya adalah 1) buku teks bahasa Inggris “When English Rings the Bell” kelas VII SMP/MTs memuat aspek kebudayaan dan 2) cara buku teks bahasa Inggris “When English Rings the Bell” kelas VII SMP/MTs memuat aspek kebudayaan adalah dengan isi buku teks, dari kegiatan di buku, misalnya gambar yang ditunjukkan dan latihan, misalnya crossword dan proyek peserta didik. Guru diharapkan untuk sadar akan aspek kebudayaan di buku teks. Guru juga diharapkan untuk menemukan dan menambah aspek kebudayaan asing untuk peserta didik. Pengarang buku teks diharapkan untuk berhati-hati dalam memasukkan materi yang berhubungan dengan kebudayaan. Peneliti yang lain diharapkan untuk meneliti penelitian lain yang berkaitan dengan aspek kebudayaan lebih mendalam yang berkaitan dengan penelitian ini karena banyak buku teks yang belum diteliti.