Analisa Kualitas Buku Kerja Siswa Bahasa Inggris “Excellent” yang Digunakan oleh Siswa Kelas 12 di SMAN 1 Lawang
Main Author: | Tri Wahyu Nurcahyo; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-inggris/article/view/28043 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas buku kerja Bahasa Inggris berjudul “Excellent” yang digunakan oleh siswa kelas 12 di SMAN 1 Lawang dengan tujuh variable: (1) tujuan dan pendekatan, (2) susunan, (3) keterampilan kebahasaan, (4) komponen kebahasaan, (5) topik dan wawasan budaya, (6) tampilan dan desain dan (7) pertimbangan praktis yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Badan Standard Nasional Pendidikan/BSNP (2006) dan Cunningsworth (1995). Metode dalam penelitian ini adalah metode campuran: kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan karena data penelitian berbentuk dokumen yakni buku kerja siswa bahasa Inggris. Oleh karenanya peneliti merancang tiga instrument yang berbeda untuk menggali data yang diperlukan, yakni panduan wawancara, lembar evaluasi dan angket. Sealin itu, peneliti menggunkan skala Likert guna mengukur kualitas buku yang kemudian dijabarkan dalam data kualitatif. Oleh karenanya, metode quantitatif juga diaplikasi dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa buku kerja bahasa Inggris, “Excellent” termasuk dalam kategori “fair” dengan skor akhir 2.83. Kriteria pertama, dalam hal tujuan dan pendekatan, buku kerja siswa ini termasuk dalam kategori “fair” dengan skor 3.3. Kedua, dalam hal susunan, buku kerja siswa termasuk dalam kategori “fair” dengan skor 3.08. Ketiga, dalam hal keterampilan kebahasaan, buku kerja siswa mampu memperoleh skor 2.84 dan termasuk dalam kategori “fair”. Keempat, dalam hal komponen kebahasaan, buku kerja siswa termasuk dalam kategori “poor” dengan skor 2.4. Kelima, dalam hal topik dan wawasan kebudayaan, buku kerja siswa termsuk dalam kategori “fair” dengan skor 2.72. Keenam, dalam hal tampilan dan desain, skor buku siswa ini hanya mencapai 2.4 dan termasuk dalam kategori “poor”. Terakhir, dalam hal pertimbangan praktis, skor yang diperoleh adalah 3.33 dan termasuk dalam kategori “fair”. Berdasarkan pada temuan di atas, peneliti berkesimpulan bahwa buku kerja siswa “Excellent” jauh dari harapan dalam hal kualitas. Oleh karenanya, peneliti menyarankan beberapa hal, utamanya ditujukan pada penulis – buku kerja siswa perlu: (1) dilengkapi dengan buku manual untuk guru, (2) materi untuk keahlian mendengarkan dalam bentuk CD/kaset, (3) materi pembelajaran dan latihan yang tersusun dengan baik dan (4) materi pembelajaran untuk kosa kata dan cara pengucapannya sehingga siswa dapat belajar dengan efektif dan efisien. Untuk guru bahasa Inggris, mereka perlu mempersiapkan materi tambahan yang sesuai dengan kebutuhan siswa.