Using Comic Strip to Improve the Recount Writing Ability of Eight Graders in SMPN 21 Malang

Main Authors: ANGGUN ANGEL R.G. SAVORA; Mahasiswa UM, ANGGUN ANGEL SAVORA; Mahasiswa UM
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-inggris/article/view/17832
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Savora, Anggun Angel R.G. 2011. Meningkatkan Kemampuan Menulis Recount Siswa Kelas Delapan dengan Menggunakan Komic Strips.Skripsi, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Anik Nunuk Wulyani, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: menulis, komik strip. Ketrampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang tergolong sulit terutama bagi siswa Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan hasil Pengamatan Pendahuluan di kelas 8 di SMPN 21 Malang, siswa mengalami beberapa masalah pada kegiatan menulis. Hasil dari pengamatan pendahuluan tersebut diketahui bahwa tingkat kemampuan menulis siswa berada pada tingkat “fair”. Hal ini dikarenakan oleh kegiatan belajar mengajar yang monoton dan rendahnya motivasi siswa pada pelajaran Bahasa Inggris, terutama kegiatan menulis. Pengaplikasian komik strips dipilih untuk mengatasi masalah siswa dalam kegiatan menulis. Penelitian ini mengadopsi desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Empat pertemuan pada siklus 1 dan lima pertemuan pada siklus 2. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMPN 21 Malang tahun ajaran 2010/2011. Fokus pada penelitian ini adalah nilai menulis siswa dan perilaku siswa pada saat pengaplikasian komik strips. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah rubric penilaian menulis, catatan lapangan, ceklis pengamatan, panduan wawancara, dan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisa melalui metode kualitatif, diinterpretasikan berdasarkan criteria kesuksesan, dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaplikasian komik strips pada kegiatan menulis mencapai criteria kesuksesan. Nilai rata–rata kelas pada kegiatan menulis meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Berdasarkan nilai rata–rata pada kegiatan menulis, tingkat kemampuan siswa dalam hal menulis meningkat dari tingkat “fair” ke tingkat “good”. Dan bahkan ada beberapa siswa yang mencapai tingkat “excellent”.Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah komik strips. Berdasarkan hasil pada penelitian ini, disimpulkan bahwa pengaplikasian komik strips dalam kegiatan menulis dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam hal relevansi isi, organisasi dan diksi. Para siswa juga menunjukkan perilaku yang positif terhadap pengaplikasian komik strips pada kegiatan menulis. Di samping itu, pengaplikasian komik strips pada kegiatan menulis juga mendapatkan respon yang baik dari siswa maupun guru kelas BahasaInggris. Disarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk menggunakan komik strips untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Selain itu, peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan komik strips pada kelas yang berbeda dan menggunakan genre teks yang berbeda untuk mengetahui apakah strategy