Using Wordless Picture Book to Improve Students’ Ability in Writing Narrative Texts at MTs Surya Buana Malang

Main Author: Shandra Nitalinawati
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-inggris/article/view/1575
Daftar Isi:
  • ABSTRACT Nitalinawati, Shandra. 2009. Penggunaan Wordless Picture Book untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Naratif di MTs Surya Buana Malang. Skripsi, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Fachrurrazy, M.A., Ph.D. Key words: Wordless Picture Book, kemampuan menunlis, peningkatan Kemampuan menulis siswa kelas delapan di MTs Surya Buana Malang cenderung rendah. Sebagian besar murid tidak dapat mengembangkan pokok pikiran. Sehingga ketika siswa mulai menulis, mereka tidak mempunyai ide untuk mengembangkan pokok pikiraan berikutnya. Akibatnya, kurang dari 50% siswa mendapaat skor di bawah skor minimal (3) dalam rentang skor 1-4. Wordless Picture Book dipilih sebagai sebuah strategi alternartif untuk mengatasi masalah tersebut. Worrdless Picture Book adalah sebuah buku cerita bergambar tanpa kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Wordless Picture Book dapat meningkatkan kemampuan siswa di MTs Surya Buana Malang dalam menulis teks naratif. Dalam penelitian ini, peneliti mengharapkan paling tidak 80% siswa mendapat skor 3 dalam rentang skr 1-4 untuk isi, organisasi, dan bahasa. Penelitian ini adalah sebuah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Siklus kedua dilakukan dengan memberikan peningkatan dalam kegiatan. Setiap siklus meeliputi tiga tahapan: kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Subyek peelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Surya Buana Malang. Data yang didapatkan dari observasi dan kuuesioner disajikan dalam bentuk tabel, sedangkan data yang didapatkan dari catatan lapangan, dan hasil tulisan siswa dianalisis dan dilaporkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wordless picture book dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis naratif secara efetif. Semua siswa telah mencapai skor minimal (3). Selain itu, mayoritas siswa memberikan respon positif terhadap penerapan wordless picture book, di mana 66.67% siswa menunjukan ketertarikan. Mereka juga merasa bahwa wordless picture book membantu mereka dalam mengembangkan ide mereka dalam menulis teks naratif. Kesimpulannya, wordless picture book bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif di MTs Surya Buana Malang. Wordless picture book membantu siswa membuat cerita mereka sendiri dengan gambar yang mereka lihat. Para guru disarankan untuk menggunakan media ini dalam mengajar writing karena dapat mengatasi masalah siswa dalam menulis. Para peneliti jjuga disarankan untuk melakukan penelitian lain yang menerapkan wordless picture book di keahlian dan jenis teks yang lain.