Hubungan Minat Baca Novel dengan Kemampuan Menulis Resensi Kelas XI SMA Negeri 1 Blitar Tahun Ajaran 2007/ 2008
Main Author: | Retno Vidharti; Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-indonesia/article/view/260 |
Daftar Isi:
- Membaca novel merupakan alat belajar siswa dan sekaligus sebagai penunjang pendidikan untuk memenuhi pembelajaran sastra. Kegiatan ini perlu dibiasakan. Dan kebiasaan tersebut apabila dipupuk, dibina, dan dikembangkan, maka tumbuhlah minat bacanya. Sebagai sarana penunjang pembelajaran sastra, minat baca novel pada tingkat SMA diwajibkan untuk membaca lima belas karya sastra berupa novel. Dalam membaca novel, diperlukan membaca pemahaman kreatif. Hal ini dilakukan untuk proses belajar kemampuan menulis resensi sebagai kegiatan setelah membaca novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan minat baca novel dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Blitar tahun ajaran 2007/2008. Ada 3 hal yang dideskripsikan pada penelitian ini, yakni (1) minat baca novel, (2) kemampuan menulis resensi, (3) hubungan minat baca novel dengan kemampuan menulis resensi. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel acak yang mewakili jurusan IPA dan IPS sebanyak 65 siswa pada kelas XI SMA Negeri 1 Blitar. Instrumen penelitian untuk variabel minat baca novel digunakan instrumen angket dan instrumen tes diperuntukkan untuk mengukur kemampuan menulis resensi. Data penelitian ini berwujud skor pada minat baca novel dan kemampuan menulis resensi. Berdasarkan kualifikasi tingakatannya, minat baca novel dan kemampuan menulis resensi berbeda. Untuk minat baca memiliki rentangan, yaitu 105—88 dikategorikan sangat tinggi; 87—72 dikategorikan tinggi; 71—55 dikategorikan cukup; 54—38 dikategorikan rendah; 37—21 dikategorikan sangat rendah. Dan kemampuan menulis resensi rentangan nilainya adalah 85—100 dikategorikan sangat baik; 84—70 dikategorikan baik; 69—55 dikategorikan cukup; rentangan 54—40 dikategorikan kurang; dan rentangan 0—39 dikategorikan sangat kurang. Dari hasil analisis, masing-masing varibel itu berakhir pada hasil berupa persentase. Untuk mengkorelasikan minat baca novel dengan kemampuan menulis resensi menggunakan rumus korelasi produck moment. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memperoleh hasil analisis bahwa (1) minat baca novel siswa kelas XI SMA Negeri 1 Blitar dapat dikategorikan cukup tinggi dengan persentase 67,7%; sedangkan minat baca novel siswa yang tergolong sangat tinggi 0%; minat baca novel pada tataran tinggi dimiliki 16,9%; pada tingkatan rendah sebesar 10,8%; serta 4,6% memiliki minat baca novel sangat rendah. (2) Kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Blitar adalah cukup baik. Hal ini, ditentukan berdasarkan atas banyaknya siswa yang memiliki kemampuan menulis resensi pada rentangan nilai 55—69 yang diperoleh siswa sebesar 47,7%; untuk kemampuan menulis resensi pada tingkatan sangat baik 3,1% siswa, hal ini sama dengan tingkatan siswa pada tataran sangat kurang kemampuannya, yakni 3,1%; sedangkan 23,1% siswa masing-masing memiliki kemampuan menulis resensi pada tingkatan baik dan kurang. Dan (3) hubungan minat baca novel dengan kemampuan menulis resensi, yakni terdapat hubungan minat baca novel dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Blitar dengan rhit 0,512 yang dikonsulatsikan ke rtab menunjukkan bahwa rhit lebih besar dari pada rtab. Maka, hipotesis 1 terbukti, yakni terdapat hubungan minat baca novel dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Blitar tahun ajaran 2007/2008 yang bersifat positif, tidak signifikan. Berdasarkan penelitian ini, disarankan guru untuk memotivasi membaca novel dan memberikan latihan menulis resensi. Kepada kepala sekolah, disarankan untuk menambah sarana bacaan berupa novel pada perpustakaan sekolah. Kepada peneliti lanjutan, disarankan untuk mengadakan penelitian terhadap minat baca dan kemampuan menulis dengan metode berbeda atau rumusan masalah yang berbeda. Kepada pembaca, penelitian ini dapat digunakan oleh pembaca khususnya mahasiswa sebagai informasi tentang hubungan minat baca novel dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Blitar tahun ajaran 2007/2008.