Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berbahasa Using berdasarkan Media Gambar Berseri Siswa Kelas V SDN 1 Jambesari Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi
Main Author: | Dian Pratiwi; Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang |
---|---|
Format: | PeerReviewed application/msword eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-indonesia/article/view/152 |
Daftar Isi:
- Dalam GBPP bahasa Using disebutkan bahwa siswa dituntut untuk dapat menulis berbagai jenis karangan yang salah satunya adalah karangan narasi. Untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis karangan narasi berbahasa Using, informasi relevan yang dapat digunakan adalah hasil penelitian tentang menulis karangan narasi berbahasa Using siswa kelas V SDN 1 Jambesari. Penelitian ini bertujuan untuk memerikan kemampuan menulis karangan narasi berbahasa Using berdasarkan media gambar berseri. Masalah yang diteliti meliputi kemampuan siswa kelas V SDN 1 Jambesari dalam menulis karangan narasi berbahasa Using berdasarkan (a) aspek isi dan (b) aspek kebahasaan. Penelitian yang dilakukan kepada siswa kelas V SDN 1 Jambesari ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil karangan narasi berbahasa Using siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data skor hasil karangan siswa yang diubah menjadi nilai siswa. Data yang dibutuhkan berupa skor hasil karangan siswa yang meliputi (1) kemampuan menulis karangan narasi berbahasa Using berdasarkan aspek isi dan (2) kemampuan menulis karangan narasi berbahasa Using berdasarkan aspek kebahasaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dari 14 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian, terdapat 85,72% siswa yang telah mampu menulis karangan narasi berbahasa Using berdasarkan media gambar berseri dilihat dari aspek isinya, karena hal ini sesuai dengan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) 85%; dan (2) dari 14 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian, terdapat 85,72% siswa yang telah mampu menulis karangan narasi berbahasa Using berdasarkan media gambar berseri dilihat dari aspek kebahasaannya, karena hal ini sesuai dengan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa siswa kelas V SDN 1 Jambesari tahun ajaran 2007/2008 mampu menulis karangan narasi berbahasa Using berdasarkan media gambar berseri. Pada aspek isi —yang meliputi subaspek kesesuaian, kelengkapan, kepaduan, dan keutuhan—, sebagian besar siswa telah mampu memenuhi kriteria penilaian. Meskipun demikian, terdapat beberapa siswa belum mampu menulis karangan narasi berbahasa Using berdasarkan subaspek kesesuaian dan kepaduan. Sedangkan pada aspek kebahasaan —yang meliputi subaspek ejaan, diksi, dan tatabahasa—, sebagian besar siswa telah mampu menulis karangan narasi berbahasa Using berdasarkan media gambar berseri. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, beberapa saran yang diajukan peneliti adalah hendaknya guru lebih memotivasi siswa, disamping memberikan ilatihan-latihan dan kiat-kiat agar siswa terlatih dalam menulis karangan. Siswa juga harus lebih giat dalam mengaplikasikan dan lebih fokus terhadap apa-apa yang diberikan/disampaikan oleh guru.