PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAH MIND, ACQUIRE, SEARCH OUT, TRIGGER, EXHIBIT, REFLECT (MASTER) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK PADA MATAPELAJARAN SEJARAH INDONESIA
Main Author: | Dina Ilmiati Rizqiyah |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/83562 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: pertama, kemampuan berpikir analitis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran MASTER. Kedua, mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik di SMAN 1 Batu dalam pelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif, menggunakan pendekatan Pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest, dan dalam analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, kemampuan berpikir analitis kelas eksperimen meningkat sebesar 36%. Kedua, pengaruh penggunaan model pembelajran MASTER terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik sebesar 27%.Kata kunci: Pembelajaran sejarah, model pembelajaran MASTER, berpikir analitis Abstract The purpose of this study is to figured out: first, the analytical thinking ability of student in SMAN 1 Batu who are taught by MASTER learning model in history learning. Second, the influence of MASTER learning model towards the analytical thinking ability of student in SMAN 1 Batu on history learning. This research is a quantitative research experiment, using Pre-Experiment approach with One Group Pretest-Posttest Design and analysis of this research using simple liniear regression. The result of this research are: first analytical thinking ability of the experiment class increased significantly by 36%. Second the influence of MASTER learning model on students’ analytical thinking ability is 27%. Keywords: History learning, MASTER learning model, analytical thinking