PENGARUH MEDIA PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 SMAN 10 MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: Mutimmatus Sa'adah; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/76822
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang berada dibawah rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan siswa kurang aktif dalam pelajaran sejarah. Siswa cenderung lebih cepat bosan dan kurang aktif disebabkan karena kurangnya media sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar minimal nilai. Maka peneliti bermaksud menggunakan media Pictorial Riddle sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Model penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian One-group Experiment dengan rancangan model One-group pre-test and post-test design model ini hanya menggunakan satu kelompok kelas saja tanpa adanya kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPS SMAN 10 Malang, untuk sampel yaitu kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang.Berdasarkan analisis hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Pictorial Riddle terdapat hasil yaitu berpengaruh positif hasil belajar siswa semakin meningkat. Rata-rata pre-test 59,11 meningkat 27,89 yaitu dilihat pada nilai gain score pada nilai post-test yaitu menjadi 89,00. Ini terbukti dari hasil tes yaitu thitung adalah 21,750 sedangkan ttabel 1,690, dengan hasil 21,750(thitung) ≥ 1,690(ttabel) dengan nilai signifikasi 0,05 oleh karena itu maka H1 diterima dan H0 ditolak.