PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HISTORY CARD BERBASIS QR CODE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PROSES MASUK BANGSA EROPA KE INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X KPR I SMK NEGERI 11 MALANG
Main Author: | Mazidatun Ni'mah; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/76080 |
Daftar Isi:
- Abstrak: penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, yaitu history card berbasis qr code serta untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X KPR 1. Masalah yang ditemukan pada proses pembelajaran adalah minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan sehingga membuat motivasi belajar siswa rendah. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan adalah history card berbasis qr code. Dalam proses pengembangannya, produk ini telah melalui uji coba dari ahli materi dan ahli media dengan kriteria valid, serta telah melalui uji coba perorangan, kelompok kecil, kelompok besar dengan kriteria valid. Terdapat kenaikan presentase motivasi belajar siswa dari sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media sehingga kategori motivasi menjadi tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media history card berbasis qr code layak digunakan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.