Penerapan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS Bidang Sejarah Semester 2 Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari Malang Tahun Ajaran 2010/2011
Main Author: | Ema Wati; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/75198 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK te-space: normal; widows: 2; word-spaci. Emawati. 2011. Penerapan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Bidang Sejarah Semester 2 Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Sejarah FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Dewa Agung Gede Agung, M. Hum. Kata kunci: Media Pembelajaran, Teka-Teki Silang, Motivasi Belajar. Berdasarkan observasi awal terhadap guru dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari, Permasalahan pembelajaran yang dihadapi adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Rendahnya motivasi siswa ditandai dengan munculnya perilaku negatif dari siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, yaitu: (1) Kurang antusias dalam mengikuti pelajaran sejarah, (2) Kurang memperhatikan setiap petunjuk dan penjelasan guru, (3) Tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, (4) Kurang aktif dalam kegiatan kelompok, (5) Tidak mencatat penjelasan guru, (6) Lambat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, (7) Kurang aktif menjawab pertanyaan guru, (8) Tidak melaporkan hasil tugasnya kepada guru, (9) Tidak pernah melontarkan pertanyaan di dalam kelas, (10) Minat belajar mereka menurun ketika diterapkan media ceramah. Mengacu pada pentingnya meningkatkan motivasi belajar siswa, maka pemanfaatan media pembelajaran Teka-Teki Silang dijadikan instrument yang dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar dengan suasana yang menyenangkan. Alasan pemilihan Teka-Teki Silang sebagai media belajar karena Teka-Teki Silang merupakan permainan kata yang sangat eduktif untuk merangsang siswa mengesplorasi sumber dan mengingat konsep-konsep sejarah sebagai pengetahuan awal siswa. Sebagai permainan kata populer Teka-Teki Silang dapat menarik minat siswa untuk mempelajari sejarah. Rumusan masalah pada penelitian ini, (1) Bagaimanakah pemanfaatan media pembelajaran teka-teki silang pada mata pelajaran IPS Sejarah di kelas VIII A SMPN 3 Singosari? (2) Apakah melalui pemanfaatan media pembelajaran teka teki silang pada mata pelajaran IPS Sejarah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIII A SMPN 3 Singosari? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran teka - teki pada mata pelajaran IPS Sejarah di kelas VIII A SMPN 3 Singosari. (2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa melalui pemanfaatan media pembelajaran teka - teki silang pada mata pelajaran IPS Sejarah di kelas VIII A SMPN 3 Singosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk menjawab masalah pertama maka tekhnik analisa yang digunakan melalui lembar observasi ketepatan guru yaitu dengan cara membandingkan presentase keberhasilan tindakan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran Teka-teki silang pada siklus 1 dan siklus 2. Sedangkan tekhnik analisa yang digunakan untuk menjawab masalah kedua adalah menggunakan format observasi penilaian motivasi belajar siswa yaitu dengan cara membandingkan persentase motivasi belajar siswa pada siklus 1 dan ii siklus 2. Selain itu, peneliti juga menggunakan angket motivasi belajar yang diberikan kepada siswa. Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah IPS Sejarah untuk kelas VIII semester genap tahu pelajaran 2010/2011, yaitu terfokus pada materi “ Mendeskripsikan peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara dan pemerintahan RI”. Pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran Teka-teki silang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus adalah dua kali pertemuan. Hal ini karena disesuaikan dengan program semester yang telah disusun oleh pihak sekolah. Pada setiap pertemuan terdiri dari tiga tahap sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pemanfaatan media pembelajaran Teka-teki silang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari pada mata pelajaran IPS Sejarah. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil presentase hasil penilaian observasi motivasi belajar siswa pada siklus 1 yaitu 73,66 % dan pada siklus 2 sebesar 86,53%. Peningkatan motivasi belajar sudah dapat dilihat pada siklus 1 dengan diterapkannya media Teka-Teki Silang didalam kelas. Indikator peningkatan motivasi dilihat dari perbandingan perilaku siswa sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan. Sebelum diterapkan media Teka-Teki Silang siswa banyak yang tidak fokus dengan materi tetapi setelah diberikan tindakan sebagian besar siswa dapat fokus dengan materi dan minat baca mereka mulai tumbuh. Berdasarkan pada penelitian ini dapat disarankan pada guru-guru IPS khususnya sejarah hendaknya mulai mencoba pemanfaatan media pembelajaran Teka-Teki Silang dikelas, karena terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Disamping itu melalui pemanfaatan media pembelajaran Teka-Teki Silang dapat dapat membantu siswa menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, inofatif, efektif, dan menyenangkan sehingga tidak membosankan. Selain itu perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai pemanfaatan media pembelajaran TekaTeki Silang dalam pembelajaran mata pelajaran sejarah dari sudut pandang yang berbeda, seperti bagaimanakah pengaruh penerapan media Teka-Teki Silang bagi peningkatan hasil belajar. iii Emawati. 2011. The Application of Crossword Media to Increase Learning Motivation in Semester 2 Historical Major of Social Knowledge (IPS) Education Students of Class VIIIA State Junior High School 3 Singosari Malang Lesson Year 2010/2011. Skripsi. Historical Major FS Malang State University. Lecturer : Drs. Dewa Agung Gede Agung, M. Hum. Keywords : Learning Media, Crossword, Learning Motivation According to the early observation of teacher and students in class VIIIA State Junior High School 3 Singosari, the learning problem which is faced was a low student’s learning motivation. This low motivation was signed with the appearance of student’s negative behaviors in learning process, which were (1) less enthusiasm in following historical class, (2) less attention in every teacher’s direction and explanation, (3) did not finish the assignment given by teacher, (4) less active in group activities, (5) did not take a note of teacher’s explanation, (6) slow finishing in teacher’s assignment, (7) less active in answering teacher’s questions, (8) did not report the assignment to the teacher, (9) never had any questions in class, and (10) decreasing interest in Lecture media. Pointed to the importance of increasing student’s learning motivation, the utilization of crossword media can be one of the instruments to support students in studying harder with a pleased situation. The reason of choosing crossword media was because it is an educative word game that stimulates students to explore sources and recall the historical concepts, as their initial knowledge. As a popular word game, crossword is able to draw student’s interest in learning history. The problem formulas in this research were : (1) How is the utilization of crossword learning media in Historical Major of Social Knowledge (IPS) Education, in Class VIIIA State Junior High School 3 Singosari? (2) Does the utilization of crossword learning media can improve student’s learning motivation of Class VIIIA State Junior High School 3 Singosari? While the purposes of this research were (1) to describe the utilization of crossword learning media in Historical Major of Social Knowledge (IPS) Education in Class VIIIA State Junior High School 3 Singosari, and (2) to describe the motivation increasing through the utilization of crossword learning media in Historical Major of Social Knowledge (IPS) Education in Class VIIIA State Junior High School 3 Singosari. This research was using Class Action Research (PTK) by qualitative approach. To answer the first question, the analysis technique we used was the teacher’s accuracy observation sheet, by comparing teacher’s action successful percentage in using crossword learning media, in cycle 1 and cycle 2. While the analysis technique we used to answer the second question was the observation format of student’s learning motivation assessment, by comparing student’s learning motivation percentage in cycle 1 and cycle 2. In addition. iv researcher also used learning motivation questionnaire given to the students. The subject lesson we used in this research was Historical Major of Social Knowledge (IPS) Education for 8th grade student, even semester, year lesson 2010/2011, which was focusing on “describing the events around proclamation, and the figuration process of Indonesian Republic’s State and Government.” The utilization of crossword learning media was being done in two cycles, each in two meetings. The reason was because it’s being adjusted with the school’s semester’s program. On each meeting, there were three steps accord with the school learning plans, which are Preparation Step, Implementation Step, andClosing Step. The result of this research showed that the utilization of crossword learning media could increase student’s learning motivation in Class VIIIA State Junior High School 3 Singosari, in Historical Major of Social Knowledge (IPS) Education. This increasing can be seen from the result’s percentage of observation assessment in student’s learning motivation, which was 73, 66% in cycle 1, and 86, 53% in cycle 2. The increasing of learning motivation can be seen from cycle 1 when the crossword media was started to be applied in class. The indicator of this increasing seemed from the behavior’s comparison, before and after the action. Before the application, many students did not pay attention on the material given, but after the action, most of the students were able to focus on the lesson and their reading interest was started to grow also. According to this research, it is suggested to the Social Knowledge (IPS) Education teachers, especially Historical Major, to try to use crossword learning media, because it is proven that this media can increase student’s learning motivation. Beside, through the utilization of this crossword learning media, we can help students by creating an active, creative, innovative, effective and pleased learning situation, and discard the bore. In addition, a further research in crossword learning media of Historical Major from a different perspective is needed. For example, how crossword learning media influence the increasinglearning results. V KATA PENGANTAR Alhamdulillahi Robbil’Alamin, puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Penerapan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Bidang Sejarah Semester 2 Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari Malang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi ini terwujud berkat bantuan berbagai pihak yang telah membantu, memberi dorongan dan bimbingan kepada penulis. Oleh karena itu penulis dengan kerendahan hati mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan skripsi ini sebagai berikut: 1. Ayah dan Bunda tercinta, yang tiada henti berjuang demi kelangsungan pendidikan kami, memberikan kasih sayang yang tidak pernah surut, doa, bimbingan, dan nasehat-nasehat yang diberikan untuk kebaikan kami putra dan putrinya. 2. Suami tercinta Trobus Setiawan, motivator terhebat dalam hidupku. 3. Buah hatiku tercinta Aditya Falasifa Mahija, motivasi terbesarku untuk segera menyeleseikan skripsi ini. 4. Prof. Dr Haryono, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyeleseikan skripsi ini. 5. Drs. Mashuri, M.Hum selaku ketua jurusan sejarah, pembimbing akademis penulis dan Penguji skripsi, yang selalu memberikan dorongan dan masukan bagi penulis untuk menyeleseikan skripsi ini. 6. Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum selaku pembimbing skripsi yang telah berkenan memberikan masukan kepada penulis. 7. Drs. Marsudi, M.Hum, selaku Penguji I yang talah memberikan masukan kepada penulis. 8. Bapak dan Ibu Dosen Jurusan Sejarah yang telah banyak memberikan ilmunya selama penulis menjadi mahasiswa jurusan Sejarah di UM. Vi 9. Dra. Hj. Siti Cholifah, M.Si selaku kepala sekolah SMP Negeri 3 Singosari yang memperkenankan penulis untuk melakukan penelitian disekolah tersebut.10. Bapak Gatot Kamisidi, SPd selaku humas SMPN 3 Singosari yangmenerima penulis dengan keramahannya dan membantu penulis dalammencari data-data yang dibutuhkan.11. Liya Ananta Skripsia, SPd selaku guru IPS kelas VIII dan temanseperjuangan penulis di jurusan pendidikan sejarah yang telah membantupenulis melakukan penelitian di kelas.12. Siswa-siswi kelas VIII A yang menerima penulis dengan keceriaanya danmembantu penulis selama proses penelitian berlangsung.13. Adik-adikku yang senantiasa memberikan support dan dukungan bagipenulis.14. Arfan Ardiansyah dan Ruli Ayuning Santi teman seperjuangan penulisyang memberikan keberanian bagi penulis untuk terus melangkah maju.15. Teman – teman sejarah angkatan 2003 yang terus memberikan doa dandukungannya kepada penulis melalui jejaring sosial.Semoga segala bantuan, bimbingan, saran, motivasi dan doa yang telahdiberikan kepada penulis mendapat balasan dari Allah SWT. Penulis berharapsemoga skripsi ini bermanfaat bagi para pembacanya. Malang, Mei 2011 Penulis Vii DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK .................................................................................................... KATA PENGANTAR .................................................................................. vDAFTAR ISI ............................................................................................... viiDAFTAR GAMBAR ................................................................................. ixDAFTAR TABEL ......................................................................................... xDAFTAR LAMPIRAN ................................................................................ xiBAB I PENDAHULUANA. Latar Belakang ............................................................................ 1B. Rumusan Masalah ........................................................................ 6C. Tujuan Penelitian .......................................................................... 7D. Kegunaan Penelitian ..................................................................... 7E. Definisi Operasional ..................................................................... 8F. Sistematika Penulisan ................................................................... 9B AB II KAJIAN PUSTAKAA. Belajar ....................................................................................... 11B. Pembelajaran .............................................................................. 12C. Media Pembelajaran ................................................................... 131. Pengertian Media Pembelajaran............................. 132. Kegunaan Media Pembelajaran....................................... 143. Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran .................. 16D. Teka-Teki Silang ........................................................................ 171. Sejarah Perkembangan Teka-Teki Silang ....................... 172. Teka-Teki Silang Dalam Dunia Pendidikan ................... 193. Media Teka-Teki Silang .................................................. 20E. Motivasi Belajar Siswa ............................................................... 21 BAB III METODE PENELITIANA. Jenis dan Pendekatan Penelitian ................................................. 23B. Kehadiran Peneliti ...................................................................... 25C. Subyek dan Lokasi Penelitian .................................................... 25D. Data dan Sumber Data ............................................................... 26E. Instrumen Penelitian ................................................................... 29F. Prosedur Pengumpulan Data ....................................................... 32G. Analisis Data .............................................................................. 34H. Tahap-tahap Penelitian ............................................................... 39 BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIANA. Profil SMP Negeri 3 Singosari ................................................... 421. Sejarah Berdirinya SMP Negeri 3 Singosari ................... 422. Visi dan Misi SMP Negeri 3 Singosari ........................... 423. Tujuan SMP Negeri 3 Singosari ..................................... 494. Struktur Organisasi Sekolah ............................................ 565. Sarana dan Prasarana Sekolah ......................................... 57 viii6. Jumlah Siswa dan Guru ................................................... 587. Ekstra Kurikuler Sekolah ................................................ 60B. Pelaksanaan Siklus I ................................................................... 60C. Pelaksanaan Siklus 2 .................................................................. 71D. Hasil Wawancara Setelah Diberikan Tindakan Pada Akhir Siklus ...................... 76E. Hasil Angket Motivasi Belajar Siswa ......................................... 78 BAB V PEMBAHASANA. Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari .................... 79B. Motivasi Belajar Siswa Sesudah Diberikan TindakanBerupa Pemanfaatan Media Belajar Teka-Teki Silang Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari .................. 84 BAB VI PENUTUPA. Kesimpulan ................................................................................ 89B. Saran ........................................................................................... 91DAFTAR RUJUKAN ................................................................................. 92 LAMPIRAN-LAMPIRAN .......................................................................... 95 ix DAFTAR GAMBAR Gambar Halaman2.1 Teka-Teki Silang Arthur Wynne ............................ 183.1 Bagan Siklus Penelitian................................................ 24 x DAFTAR TABEL Tabel Halaman3.1 Data dan Sumber data ................................................273.2 Lembar panduan observasi kegiatan guru dalam pemanfaatan Media pembelajaran ...............353.3 Penentuan Taraf Ketepatan Tindakan ....................................................... 373.4 Indikator Motivasi Belajar ......................................................................... 373.5 Kriteria skor angket siswa ......................................................................... 383.6 Kategori taraf keberhasilan tindakan terhadap motivasi belajar Siswa .................... 394.1 Struktur organisasi sekolah ....................................................................... 564.2 Sarana dan Prasarana Sekolah .................................................................... 574.3 Jumlah siswa ............................................................................................. 584.4 Jumlah guru ................................................................................................ 594.5 Pengembangan kompetensi/profesionalisme guru .................................... 594.6 Ekstrakurikuler sekolah ............................................................................. 604.7 Hasil observasi ketepatan guru dalam menerapkan rencana pembelajaransiklus 1 ....................................................................................................... 654.8 Hasil penilaian motivasi belajar siswa pada siklus 1 ................................. 664.9 Hasil observasi ketepatan guru dalam menerapkan rencanapembelajaran siklus 2 ................................................................................. 744.10 Hasil penilaian motivasi belajar siswa pada siklus 2 .............................. 755.1 Perbandingan taraf ketepatan tindakan ditinjau dari aspek guru dalamMenerapkan RPP pada siklus 1 dan siklus 2 .............................................. 815.2 Deskriptor angket siswa ..................................................... 865.3 Peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan hasil penilaianObservasi ......................... 88 xi DAFTAR LAMPIRAN Lampiran Halaman1. Cara membuat media Teka-Teki Silang ...................................................... 942. Pedoman wawancara untuk guru sebelum diberi tindakan .......................... 993. Pedoman wawancara untuk guru setelah diberi tindakan ............................. 1004. Hasil wawancara dengan guru sebelum diberi tindakan ............................... 1015. Hasil wawancara dengan guru setelah diberi tindakan ................................ 1036. Tabel lembar penilaian observasi motivasi .................................................. 1047. Angket motivasi siswa pada pelajaran IPS Sejarah ..................................... 1068. Contoh angket motivasi yang sudah diisi oleh siswa ................................... 1079. Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I ................................................ 11210. Teka-Teki Silang siklus I ........................................................................... 11611. Kunci jawaban TTS Siklus I ...................................................................... 11712. Foto kegiatan belajar pada siklus I ............................................................. 11913. Observasi ketepatan guru pada siklus I ...................................................... 12114. Catatan lapangan pada siklus I ................................................................... 12215. Tabel lembar penilaian observasi motivasi siklus I .................................. 12316. Rencana Pelaksanaan pembelajaran siklus 2 ............................................. 12517. Teka-Teki Silang siklus 2........................................................................... 12918. Kunci jawaban TTS siklus 2 ....................................................................... 13019. Foto kegiatan belajar pada siklus 2 ............................................................ 13120. Observasi ketepatan guru pada siklus 2 ..................................................... 13321. Catatan lapangan siklus 2 ........................................................................... 13422. Tabel lembar penilaian observasi motivasi siklus 2 ................................... 13523. Tabel hasil angket motivasi belajar siswa .................................................. 13724. Surat izin penelitian ................................................................................... 13925. Riwayat hidup penulis ................................................................................. 140