PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET SEJARAH BERBASIS QR CODE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MATERI PERTEMPURAN TRIP MALANG SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI SMKN 1 BATU
Main Author: | Ganang Akhbar; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/72707 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Matapelajaran sejarah merupakan salah satu matapelajarn yang diajarkan disekolah, dimana tujuan dari mempelajari sejarah adalah untuk mengetahui hal-hal tentang wawasan kebangsaan serta menanamkan raasa cinta tanah air. Selain itu matapelajaran sejarah memiliki fungsi untuk menyadarkan adanya proses perubahan dan perkembangan masyarakat dalam dimensi waktu untuk membangun perspektif serta kesadaran sejarah dalam menemukan, memahami, dan menjelaskan jati diri bangsa ditengah perubahan dunia, inilah yang kemudian membuat matapelajaran sejarah menjadi penting untuk dipelajari. Namun fakta dilapangan peserta didik kurang berminat dengan matapelajaran sejarah, banyak faktor yang membuat peserta didik kurang tertarik pada matapelajaran sejarah. Salah satunya adalah kurangnya inovasi pada bahan ajar yang membuat penyampaian materi menjadi kurang menarik. Sehingga solusi yang diambil adalah dengan mengembangkan bahan ajar booklet sejarah berbasis QR code dengan materi pertempuran TRIP Malang sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bahan ajar booklet sejarah ini telah melalui uji validasi materi dan memperoleh hasil 92% serta validasi media dan memperoleh hasil 95%. Selain itu dalam ujicoba kelompok kecil mendapat hasil 86% dan ujicoba kelompok besar mendapat hasil 87%. Berdasarkan rekapitulasi data booklet sejarah berbasis QR Code termasuk dalam katergori sangat layak digunakan.