PEMANFAATAN SITUS SEJARAH CANDI JAGO SEBAGAI SALAH SATU SUMBER BELAJAR SEJARAH DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TUMPANG
Main Author: | Dwi Setyorini; Perpustakaan UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/7242 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyorini, Dwi. 2010. Pemanfaatan Situs Sejarah Candi Jago sebagai Salah SatuSumber Belajar Sejarah dalam Pelaksanaan Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan di Kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi, Jurusan SejarahFakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. IWayan Legawa, M.Si.Kata Kunci: situs sejarah, sumber belajar, KTSPKTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan dimasing-masing satuan pendidikan. Dalam penerapan KTSP sangat dibutuhkanSDM guru yang profesional. Guru harus memfasilitasi siswa-siswa untuk belajarsecara maksimal dengan mempergunakan berbagai strategi, metode, media, dansumber belajar. Guru dituntut tidak hanya mendayagunakan sumber belajar yangada di sekolah, tetapi juga mempelajari berbagai sumber belajar yang ada dilingkungan sekitar. SMA Negeri 1 Tumpang adalah Sekolah Menengah AtasNegeri di wilayah Kecamatan Tumpang yang telah melaksanakan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan sejak tahun ajaran 2006/2007 sampai sekarang.Penetapan SMA Negeri 1 Tumpang sebagai lokasi penelitian antara lain karenaSMA Negeri I Tumpang merupakan sekolah tervaforit di wilayah kecamatanTumpang dengan siswa-siswi yang memiliki prestasi yang bagus. Alasan lainnyakarena lokasi SMA Negeri 1 Tumpang tidak jauh dari situs sejarah Candi Jagoyang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah. Pemanfaatan Candi Jagosebagai sumber belajar sejarah tersebut sesuai dengan inovasi pembelajaran yangdiharapkan dalam KTSP.Berdasarkan pada judul dan latar belakang yang penulis kemukakan, makarumusan masalah yang muncul yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan belajardengan memanfaatkan situs sejarah Candi Jago sebagai sumber belajar sejarah dikelas XI SMA Negeri 1 Tumpang? (2) Faktor-faktor apa yang mendukung danmenghambat dalam pelaksanan pembelajaran dengan memanfaatkan situs sejarahCandi Jago sebagai sumber belajar sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang?(3) Bagaimana tingkat efektifitas pemanfaatan situs sejarah Candi Jago sebagaisumber belajar sejarah dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikandi kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang?.Rancangan penelitian yang digunakan adalah rencangan penelitiandeskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitianini adalah guru sejarah kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang dan siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Tumpang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti (humaninstrument) yang melakukan wawancara, observasi, dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sejarah kelas XI SMANegeri 1 Tumpang telah memanfaatkan situs sejarah sebagai salah satu sumberbelajar. Adapun bentuk pemanfaatannya yaitu guru mengajak siswa melakukanpembelajaran di candi Jago. Kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan situssejarah candi Jago sebagai sumber belajar sejarah lebih menarik, kegiatan belajarmenjadi tidak membosankan dan menumbuhkan antusiasme siswa dalam belajar,Hal ini terbukti dengan persentase observasi aktivitas siswa dalam pembelajaranberdasarkan deskripsi yang tampak pada lembar observasi yaitu 85,54%, dengankriteria sangat baik. Pembelajaran lebih bermakna sebab siswa dapat menangkapiisecara konkrit, memahami dan mengamati sumber secara langsung, serta siswamampu menyerap materi yang disajikan guru dengan baik.Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran pelaksanan pembelajarandengan memanfaatkan situs sejarah Candi Jago sebagai sumber belajar sejarahmeliputi lokasi situs candi Jago yang berada dekat dengan SMA Negeri 1Tumpang. Selain itu pembelajaran yang bersifat faktual, biaya murah, prosesadministrasi yang mudah, dan pembelajaran yang sesuai dengan KTSP.Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor kedisplinan siswa. Untukmengukur tingkat efektifitas pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkansitus candi Jago sebagai sumber belajar sejarah, maka dilakukan tes hasil belajar.Dari hasil tes belajar siswa telah mencapai standar keberhasilan secara klasikalyang telah ditentukan, yakni dengan persentase 90,24%. Berdasarkan hasil tesbelajar tersebut, maka pembelajaran sejarah dengan memanfaakan situs candiJago sebagai sumber belajar efektif diterapkan di kelas XI SMA Negeri Tumpang.Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru sejarahmemanfaatkan sirus sejarah sebagai salah satu sumber belajar sejarah, dengan caramembawa siswa melakukan pembelajaran di situs secara langsung. Dalampelaksanaan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan situs sejarah sebagaisalah satu sumber belajar sejarah, hendaknya guru selalu berusahamengembangkan kreatifitas dalam merencanakan kegiatan pemanfaatan sumberbelajar secara efektif, agar dalam pelaksanaan pembelajaran siswa merasa senangdan antusias sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.