PENGARUH TINGKAT INTELIGENSI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IIS
Main Author: | Farahma Intan Pratiwi; MAHASISWA |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/67703 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh positif yang signifikan variabel tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu, (2) apakah ada pengaruh positif yang signifikan variabel minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu, (3) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara tingkat inteligensi dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial sumbangan pengaruh tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu sebesar 2,17% dan dengan sumbangan relatif 0,16%. Sedangkan sumbangan pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu adalah 3,02% dan sumbangan relatifnya sebesar 0,28%. Secara simultan tingkat inteligensi dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu yaitu menunjukkan nilai sebesar 10,7%. Sedangkan sisanya yakni terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.