PENGARUH TINGKAT INTELIGENSI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IIS

Main Author: Farahma Intan Pratiwi; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/67703
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh positif yang signifikan variabel tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu, (2) apakah ada pengaruh positif yang signifikan variabel minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu, (3) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara tingkat inteligensi dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial sumbangan pengaruh tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu sebesar 2,17% dan dengan sumbangan relatif 0,16%. Sedangkan sumbangan pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu adalah 3,02% dan sumbangan relatifnya sebesar 0,28%. Secara simultan tingkat inteligensi dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu yaitu menunjukkan nilai sebesar 10,7%. Sedangkan sisanya yakni terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.