Penerapan model pembelajaran Make a Match melalui media kartu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS Madrasah Aliyah Tarbiyatul Banin Banat Jetak Montong Tuban

Main Author: saikhotun ni'mah
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/54050
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ni’mah, Saikhotun. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Melalui Media Kartu Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Tarbiyatul Banin Banat Jetak Montong Tuban. Skripsi., Jurusan Sejarah, Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd., M.Pd. (II) Dra.Yuliati, M.Hum. Kata Kunci: model Pembelajaran, make a match, kartu, motivasi belajar siswa, sejarah. Proses pembelajaran sejarah seringkali dihadapkan pada permasalahan belajar di kelas. Hal ini juga terjadi pada Madrasah Aliyah Tarbiyatul Banin Banat Jetak Montong Tuban terutama di kelas XI IPS. Kelas XI IPS adalah kelas yang paling bermasalah diantara kelas lainnya (IPA dan Agama). Masalah tersebut mencakup beberapa hal seperti siswa mengantuk, sering tidak masuk kelas, dan tidak memperhatikan penjelasan guru ketika pembelajaran berlangsung.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Tarbiyatul Banin Banat Jetak Tuban melalui penerapan model pembelajaran Make a Match dengan media kartu. Peneliti ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dengan tujuan peningkatan motivasi belajar siswa. Data peningkatan motivasi belajar siswa diukur melalui angket yang diberikan kepada siswa pada pratindakan dan setelah tindakan. Data proses pembelajaran di kelas dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match melalui media kartu diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match melalui media kartu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya prosentase motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan tindakan pada siklus 1 yaitu sebesar 68,8% menjadi 74,95%. Pada siklus 2 motivasi belajar siswa meningkat menjadi 81,4% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match melalui media kartu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti berharap agar model pembelajaran Make a Match melalui media kartu ini bisa dipergunakan dan disempurnakan sehingga dapat membuat proses pembelajaran sejarah di kelas menjadi semakin menyenangkan