PEMANFAATAN SITUS CANDI SINGOSARI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH INDONESIA OLEH KELAS X SMA NEGERI 1 SINGOSARI

Main Author: Wahyu Indah Retnanti
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/53898
Daftar Isi:
  • MEMANFAATAN SITUS CANDI SINGOSARI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH INDONESIA OLEH KELAS X SMA NEGERI 1 SINGOSARI Abstrak Candi Singosari merupakan penunjang sumber belajar pada mata pelajaran sejarah. Melalui observasi awal oleh peneliti di Candi Singosari, situs ini sering digunakan sebagai sumber belajar sejarah, serta dimanfaatkan sebagai objek pariwisata.SMAN 1 Singosari merupakan salah satu sekolah yang telah memanfaatkan Candi Singosari sebagai sumber belajar sejarah. IbuMudawamah, yang senantiasa berusaha melaksanakan pembelajaran sejarah secara efektif dan efisien berupaya untuk memanfaatkan sumber belajar yang lain. Untuk itu Ibu Mudawamah seringkali memanfaatkan situs sejarah yang ada di Singosari, khususnya ke Candi Singosari. Candi Singosari merupakan situs yang potensial untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X SMAN 1 Singosari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kelayakan dari situsC andi Singosari sebagai sumber belajar sejarah Indonesia oleh kelas X SMA Negeri 1 Singosari; dan (2) bagaimana pemanfaatan situs Candi Singosari sebagai sumber belajar sejarah Indonesia oleh kelas X SMA Negeri 1 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari catatan lapangan melalui observasi, hasil wawancara dengan informan, dan sumber data pendukung berupa dokumentasi. Pengolahan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa (1) Candi Singosari yang masih cukup utuh mempunyai potensi sebagai sumber belajar sejarah. Lokasi Situs Candi Singosari dekat dengan SMAN 1 Singosari dapat menjadi pilihan sumber belajar yaitu ekonomis, adanya pemandu di CandiSingosari, praktis, sederhana, fleksibel, relevan dengan materi kelas X SMAN 1 Singosari, dan memiliki nilai positif bagi proses pembelajaran yang dilaksanakan di Candi Singosari. Adanya keterkaitan antara materi yang dipelajari mengenai kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia sehingga guru sejarah SMAN 1 Singosari memanfaatkan Candi Singosari sebagai sumber belajar sejarah. (2) Pemanfaatan situs Candi Singosari sebagai sumber belajar sejarah mempunyai dua metode yang digunakan oleh guru sejarah SMAN 1 Singosari yaitu metode karyawisata dan penugasan. Pada penggunaan metode karyawisata, Dengan menggunakan kedua metode tersebut, siswa dituntut lebih aktif bertanya mengenai benda-benda peninggalan Kerajaan Singhasari yang ada di kompleks Candi Singosari kepada pemandu candi.