Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK Negeri 4 Malang
Main Author: | Mega Rafita habsari; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/53231 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT Sari, Mega Rafita. 2016. Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMK Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Drs. I Wayan Legawa, M.Si, (2) Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Media pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Autoplay, Minat Belajar Siswa, SMK Negeri 4 Malang Pembelajaran sejarah merupakan salah satu pelajaran yang dianggap membosankan bagi siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X RPL-B SMK Negeri 4 Malang, pada saat pelajaran sejarah ada beberapa siswa yang masih belum siap mengikuti pelajaran, bahkan ada siswa yang mengantuk, melamun, berbicara dengan teman, bermain-main. Peneliti menyimpulkan dari hasil observasi awal bahwa minat belajar siswa di kelas ini termasuk rendah sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang berupa multimedia interaktif berbasis autoplay karena penggunaanya mudah dioperasikan dengan baik oleh siapapun sehingga bisa dijadikan alternatif pemilihan media pembelajaran oleh guru maupun siswa. Peneliti menemukan dua rumusan masalah di dalam penelitian yang dilakukannya. Rumusan masalah yang pertama tentang penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis autoplay untuk siswa pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 4 Malang dan rumusan masalah yang kedua tentang penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis autoplay dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 4 Malang. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu mendeskrispikan dan menganalisis penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis autoplay untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 4 Malang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan rincian prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan yang membahas tentang Penjajahan Pemerintah Hindia Belanda, dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang membahas tentang Perang Melawan Penjajahan Kolonialisme. Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini diketahui bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis autoplay berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa kelas X RPL-B sehingga siswa cepat memahami sejarah melalui cerita sejarah dan di dalam pelaksanaannya siswa menjadi lebih bersemangat, perhatian, dan aktif dalam belajar sejarah. Dan presentase tingkat minat siswa berdasarkan hasil lembar observasi minat siswa yaitu pada siklus I sebesar 61.68% dan siklus II sebesar 82.38% yang meningkat sebesar 10.70% dengan rincian aspek kesukaan 19.77%, ketertarikan 23.67%, perhatian 15.19%, dan keterlibatan 23.86%. Dan rata-rata keseluruhan tingkat minat belajar siswa berdasarkan hasil skor angket yang diberikan kepada siswa yaitu pada siklus I dengan rata-rata sebesar 1.68 yang dikategorikan B dengan kriteria berminat dan siklus II dengan rata-rata sebesar 2.54 yang dikategorikan A dengan kriteria sangan berminat. Melalui dua siklus tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis autoplay untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X Rpl-B di SMK Negeri 4 Malang mengalami peningkatan melalui aspek penilaian lembar observasi minat belajar siswa dan angket siswa.