Penggunaan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho Bojonegoro Tahun Pelajaran 2015-2016
Main Author: | Novia Isniyawati; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/51699 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT Penggunaan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho Bojonegoro Tahun Pelajaran 2015-2016Isniyawati, Novia . 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho Bojonegoro. Tahun Pelajaran 2015-2016. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Najib Jauhari, S.Pd., M.Hum. Drs. Mashuri, M.Hum. Drs. Marsudi, M.Hum.Kata Kunci : pembelajaran sejarah, model time token atau kupon berbicara, motivasi belajar, SMAN 1 Ngraho.Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang bergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Guru dalam menyampaikan materi diperlukan model pembelajaran sebagai sarana untuk menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Penggunaan model pembelajaran inovatif di SMAN 1 Ngraho masih jarang digunakan. Berdasarkan observasi di lapangan yang dilakukan peneliti di kelas XI IPS 2 pada tanggal 26 September 2015 dan 20 Januari 2016, peneliti menemukan bahwa selama ini metode pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah. Kegiatan pembelajaran lebih didominasi dengan kegiatan ceramah dan mengerjakan LKS. Dari hasil observasi awal peneliti melihat motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 sangat rendah. Hal ini dapat dilihat ketika kegiatan pembelajaran banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran, mengantuk, berbicara dengan teman lainnya bahkan ada yang tertidur. Siswa terlihat kurang bersemangat ketika pembelajaran. Siswa kurang antusias dan diam ketika guru memberikan pertanyaan. Siswa kurang tekun ketika mengerjakan tugas, hal ini terlihat siswa selalu telat saat mengumpulkan tugas.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Time Token pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho Bojonegoro tahun pelajaran 2015-2016?. Penggunaan model pembelajaran yang tepat serta menarik sangat dibutuhkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penggunaan model pembelajaran Time Token atau kupon berbicara merupakan solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho melalui penggunaan model pembelajaran time token atau kupon berbicara dalam pembelajaran sejarah.Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI IPS 2. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknis analisis data yang dipakai menggunakan model Miles & Hubermen dimulai dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran time token atau kupon berbicara dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMAN 1 Ngraho dapat meningkatkan motivas belajar siswa. Peningkatan dapat dilihat dari hasil observasi dari aspek minat, perhatian, konsentrasi dan ketekunan siswa kelas XI IPS 2 dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini didukung oleh hasil angket bahwa rata-rata keseluruhan aspek motivasi belajar dari siklus I sebesar 57,9% dan meningkat pada siklus II menjadi 72,7%. Prosentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 dengan menggunakan model pembelajaran time token atau kupon berbicara mengalami peningkatan. Saran dalam penelitian ini adalah : (1) Kepada Guru sejarah SMAN 1 Ngraho, agar selalu menggunakan model pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif agar siswa antusias mengikuti pembelajaran sejarah. (2) Kepada Peneliti, agar dapat mengembangkan serta memodifikasi model pembelajaran Time Token atau kupon berbicara menjadi lebih menarik terutama untuk meningkatkan motivasi belajar melalui kemampuan kecakapan berbicara. (3) Kepada siswa, dapat menggunakan model pembelajaran Time Token atau kupon berbicara dengan baik sehingga motivasi belajar dapat meningkat terutama kemampuan berbicara dengan bertanya maupun berpendapat.