Pengaruh Pemanfaatan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Bidang Sejarah Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Malang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2009/2010

Main Author: astri Kurniasari; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2010
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/5027
Daftar Isi:
  • Media pembelajaran dapat berupa media visual maupun media audiovisual.Media visual lebih banyak digunakan oleh guru dalam proses belajarmengajar. Selain sederhana media visual juga mudah dibuat oleh guru danbiayanya pun lebih murah. Media visual sendiri adalah media yang berupagambar. Pemanfaatan media pembelajaran tidak hanya terbatas pada sejumlahmata pelajaran tertentu. Namun, semua pelajaran dalam proses penyampaianmaterinya juga memerlukan media, termasuk pelajaran IPS, khususnya sejarah.Dalam usaha memilih media yang cocok guru harus memperhatikan materi apayang akan disampaikan dan tujuan apa yang hendak dicapai, karena pemanfaatanmedia pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan dan isi pengajaran yanghendak disampaikan.Berdasarkan observasi yang dilakukan, pemanfaatan mediapembelajaran khususnya gambar, dapat membantu guru dalam proses belajarmengajar IPS di SMP Negeri 8 Malang. Media gambar dapat mempermudahsiswa dalam menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apa sajakah mediapembelajaran visual yang ada di SMP Negeri 8 Malang terutama untukmenunjang pelajaran IPS bidang sejarah siswa kelas VII?, (2) Bagaimanakahpemanfaatan media visual dalam proses belajar mengajar IPS bidang sejarah?, (3)Bagaimanakah respon siswa terhadap penggunaan media visual dalam prosesbelajar mengajar IPS bidang sejarah?, (4) Bagaimanakan hasil belajar IPS bidangSejarah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang setelah menggunakan mediavisual.Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian kuantitatif, denganmenggunakan rancangan penelitian berupa metode eksperimen, sedangkan untukdesain penelitiannya mengguanakan desain Static Group Comparison atau desainstatis dua kelompok. Dalam desain Static Group Comparison ini terdapat duakelompok yang dipilih sebagai objek penelitian. Kelompok pertama mendapatkanperlakuan sedang kelompok kedua tidak mendapat perlakuan. Desain StaticGroup Comparison ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yangdiajar dengan menggunakan media visual dengan hasil belajar siswa yang diajartanpa menggunakan media visual pada mata pelajaran IPS bidang Sejarah kelasVII SMP Negeri 8 Malang yang dilihat dari skor post test (ulangan harian).Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media visual yang dipakaidalam pembelajaran IPS bidang sejarah atlas sejarah, peta,foto pahlawan, bukubukupelajaran sejarah, buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran sejarah,PowerPoint (2) Media visual yang digunakan dalam proses belajar mengajar IPS bidangsejarah antara lain gambar, foto, sketsa, bagan yang berupa peta konsep dan tabel.iiMedia visual tersebut telah sesuai dengan materi/topik yang sedang dibahas. Danmedia visual tersebut sudah terlihat jelas bagi siswa yang duduk di bangku bagianbelakang, (3) Siswa cukup tertarik dengan pelajaran sejarah sehingga merekaantusias untuk mengikuti pelajaran sejarah, dan mereka termotivasi untuk belajarlebih baik lagi. Karena ketertarikan dan antusias siswa untuk belajar lebih baiksehingga keadaan kelas lebih terkendali. (4) Rata-rata kelas eksperimen adalah 80dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah adalah 56. Nilai rata-rata kelas kontroladalah 77 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 48. Perbedaan nilai ratarataantara kelas eksperimen dengan kelas kontrol tidak begitu jauh. Hal inidisebabkan karena soal yang diberikan pada saat post test memiliki tingkatkesukaran yang kurang. Hasil perhitungan hipotesis adalah(0,415) (0,126) hitung tabel t >t ada pengaruh pemanfaatan media visual terhadap hasilbelajar IPS bidang sejarah siswa yang diajar dengan menggunakan media visual.Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Media pembelajaran visualyang ada di SMP Negeri 8 Malang terutama untuk menunjang pelajaran IPSbidang sejarah siswa kelas VII antara lain atlas sejarah, peta,foto pahlawan, bukubukupelajaran sejarah, buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran sejarah,Power Point.(2) Media visual yang dipakai dalam proses belajar mengajar telahsesuai dengan materi/topik yang sedang dibahas. Dan media visual tersebut sudahterlihat jelas bagi siswa yang duduk di bangku bagian belakang. (3)Siswa cukuptertarik dengan pelajaran sejarah sehingga mereka antusias untuk mengikutipelajaran sejarah, dan mereka termotivasi untuk belajar lebih baik lagi. Karenaketertarikan dan antusias siswa untuk belajar lebih baik sehingga keadaan kelaslebih terkendali. (4) Rata-rata kelas eksperimen adalah 80 dengan nilai tertinggi96 dan nilai terendah adalah 56. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77 dengannilai tertinggi 100 dan nilai terendah 48. Perbedaan nilai rata-rata antara kelaseksperimen dengan kelas kontrol tidak begitu jauh. Hal ini disebabkan karena soalyang diberikan pada saat post test memiliki tingkat kesukaran yang kurang. Hasilperhitungan hipotesis adalah (0,415) (0,126) hitung tabel t >t ada pengaruhpemanfaatan media visual terhadap hasil belajar IPS bidang sejarah siswa yangdiajar dengan menggunakan media visual.