PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X MM D DI SMK NEGERI 4 MALANG TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Author: | Alfiah Alfiah; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/48972 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/download/48972/34975 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT Alfiah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Project-Besed Learning (PBL)untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SejarahKelas X MM D di SMK Negeri 4 Malang Tahun 2015/2016. Skripsi, ProdiPendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Marsudi, M.Hum, (II) Drs. IsmailLutfi, M.A.Kata Kunci: model pembelajaran Project-Based Learning (PBL), hasil belajar,bidang sejarah.Penelitian ini didasarkan pada pengamatan peneliti bahwa siswa di SMKNegeri 4 Malang masih tergolong rendah mengenai pemahaman dan hasil belajarpada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini difokuskan pada kelas X MM D karenaberdasarkan keterangan dari guru, kemampuan siswa mengenai mata pelajaransejarah tergolong rendah jika dibandingkan kelas lain. Berdasarkan observasi awaldan wawancara kepada siswa, guru lebih sering menggunakan modelpembelajaran konvensional, sehingga siswa pasif, hanya mendengarkan danmencatat. Hal tersebut mempengaruhi pemahaman siswa terhadap meteri danmembuat hasil belajar siswa kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut,maka diperlukan model pembelajaran baru yang inovatif. Salah satu modelpembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Project-BasedLearning (PBL), karena model pembelajaran Project-Based Learning (PBL)merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif menemukan danmerekonstruksi sendiri pengetahuan dan pemahamannya melalui pemecahanmasalah dengan menghasilkan sebuah produk. Siswa juga dapat menyampaikanide, mendengarkan ide-ide orang lain, dan merefleksikan ide sendiri pada ide-ideorang lain untuk bekerjasama dalam kelompok.Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimana penerapan modelpembelajaran Project-Based Learning (PBL) pada mata pelajaran sejarah di kelasX MM D SMK Negeri 4 Malang?, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X MM D SMK Negeri 4 Malang tahunajaran 2015/2016 setelah menerapkan model pembelajaran Project-BasedLearning (PBL)?.Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitimenggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis data hasil penelitian.Subjek penelitian adalah siswa kelas X MM D SMK Negeri 4 Malang denganjumlah 33 siswa. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, penelitisebagai observer menggunakan data kualitatif dengan melakukan observasi awal,wawancara, melakukan pengamatan langsung melalui lembar observasi kegiatansiswa dan guru, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjawab masalahyang kedua, peneliti menggunakan alat evaluasi (test) dengan membandingkanhasil belajar siswa pada pelaksanaan pre-test, post-test siklus I dan post-test siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaranProject-Based Learning (PBL) yang dilaksanakan di kelas X MM D SMK Negeri4 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Prosentase hasil belajar siswapada pelaksanaan pre-test ini hanya 39,39% atau 13 siswa yang tuntas atau diatas Kriteria Kelulusan Minimal (KKM), sedangkan pada pelaksanaan post-testsiklus I sebanyak 21 siswa atau sebesar 63,64% siswa yang tuntas atau di atasKKM, dan pada pelaksanaan post-test siklus II sebanyak 31 siswa atau sebesar93,94% yang tuntas atau di atas KKM. Hasil tersebut menunjukkan bahwapenerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PBL) dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.Melalui penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan modelpembelajaran ini dan berinovasi dengan model pembelajaran baru yang tepat dansesuai dengan kondisi kelas sehingga siswa lebih aktif untuk mengeksplorasipengetahuannya sendiri. Penelitian mengenai penerapan model Project-Based Learning (PBL) masih dapat dikembangkan lagi bagi peneliti selanjutnya.