Pengaruh Pemanfaatan Situs Candi Mirigambar sebagai Sumber Belajar pada Pokok Bahasan Kerajaan Majapahit terhadap Peningkatan Motivasidan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Program Studi IPS SMA Negeri 1 Ngunut

Main Author: Nira Darisatun Ni'mah; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/28492
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ni’mah, Nira Darisatun. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Situs Candi Mirigambar sebagai Sumber Belajar pada Pokok Bahasan Kerajaan Majapahit terhadap Peningkatan Motivasidan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Program Studi IPS SMA Negeri 1 Ngunut . Skripsi, Jurusan Sejarah, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mashuri, M.Hum, (II) Deny Yudo Wahyudi, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: Candi Mirigambar, sumber belajar, motivasi dan hasil belajar, SMA Negeri 1 Ngunut Berdasarkan observasi yang dilakukan, sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran sejarah SMA Negeri 1 Ngunut hanya terpaku pada buku teks saja. Hal seperti itu membuat siswa memiliki motivasi belajar yang rendah sehingga berpengaruh pula terhadap hasil belajar siswa. Berkaitan dengan hal ini peneliti berusaha memperbaiki kondisi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah tersebut yaitu dengan cara memanfaatkan sumber belajar berupa candi, dalam hal ini yang akan digunakan adalah Candi Mirigambar untuk pokok bahasan Kerajaan Majapahit. Pemanfaatan Candi Mirigambar sebagai sumber belajar ini tentunya berdasarkan beberapa pertimbangan, yaitu banyak yang belum mengetahui tentang sejarah Candi Mirigambar yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.ini merupakan bukti bahwa Kerajaan Majapahit memiliki kekuasaan hingga ke daerah Tulungagung. Pertimbangan berikutnya adalah jarak Candi Mirigambar dengan SMA Negeri 1 Ngunut yang hanya 3 km sangat sayang apabila tidak dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dua hal, yaitu bentuk pemanfaatan Candi Mirigambar sebagai sumber belajar sejarah dan pengaruh pemanfaatan Candi Mirigamabar sebagai sumber belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Data-data dari penelitian diambil dari hasil angket motivasi belajar serta nilai pretest dan posttest. Pengumpulan data dilaksanakan mulai tanggal 18 April 2013 sampai dengan 25 April 2013. Instrument penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest serta angket motivasi belajar. Kegiatan analisis data terdiri atas uji prasyarat analisis dan uji hipotesis untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan Candi Mirigambar sebagai sumber belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Ngunut. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperolehdua kesimpulan hasil penelitian: (1) bentuk pemanfaatan Candi Mirigambar ialah dengan membawa siswa belajar di lokasi Candi Mirigambar sehingga siswa tidak hanya memanfaatkan indera pendengar dalam pembelajaran tetapi juga memanfaatkan indera penglihatan. Hal ini akan memberikan siswa pengalaman dan wawasan yang bisa mereka gali sendiri, selain itu siswa merasa santai dan tidak bosan saat pembelajaran berlangsung, (2) hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara pemanfaatan Candi Mirigambar sebagai sumber belajar dengan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngunut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari skor rata-rata hasil angket motivasi belajar dan hasil pretest dan posttest di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peningkatan skor rata-rata angket di kelas eksperimen sebesar 18,6%, sedangkan hasil belajarnya meningkat sebesar 29,39%, dan untuk kelas kontrol skor rata-rata angket meningkat sebesar 9,12% sedangkan hasil belajarnya meningkat sebesar 19,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan (1) bagi SMA Negeri 1 Ngunut, pembelajaran dengan memanfaatkan Candi Mirigambar sebagai sumber belajar dapat menjadi alternatif pertimbangan dalam upaya perbaikan strategi pembelajaran dan peningkatan motivasi dan hasil belajar sejarah siswa yang ada di SMA Negeri 1 Ngunut, (2) bagi guru sejarah, pemanfaatan candi sebagai sumber belajar dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses kegiatan belajar dan mengajar, (3) bagi siswa, setelah diterapkan pembelajaran dengan memanfaatkan Candi Mirigambar sebagai sumber belajar, diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar, berani mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, dan dapat mempersiapkan diri sebelum kegiatan belajar dan mengajar berlangsung serta meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah, (4) bagi peneliti berikutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian serupa dengan mengembangkan materi yang lebih luas dengan teknik yang lain.