Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Program Studi IPS SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi

Main Author: Minarti .; Perpustakaan UM
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/14718
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Minarti. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Program Studi IPS SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mashuri, M.Hum, (II) Deny Yudo Wahyudi, S.Pd, M.Hum. Kata kunci: pemanfaatan internet, sumber belajar, hasil belajar Permasalahan rendahnya minat siswa untuk membeli buku penunjang sejarah menjadi latar belakang utama yang mendorong guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Glagah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar alternatif untuk mendukung proses belajar siswa. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar di sekolah ini apakah memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa sehingga terdapat perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan internet sebagai sumber belajar dengan siswa yang tidak menggunakan internet sebagai sumber belajar (buku penunjang). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar sejarah siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi yang diajar dengan tidak menggunakan internet sebagai sumber belajar?. (2) Bagaimana hasil belajar sejarah siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi yang diajar dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar?. (3) Bagaimana pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar Sejarah terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Instrumen penelitian yang akan digunakan terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji validitas data, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Sumber data dalam penelitian ini berupa nilai pretest dan posttest yang di dapat dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data tersebut kemudian di analisis dengan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Selain itu juga dilakukan uji hipotesis berupa uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar sejarah siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi yang diajar dengan tidak menggunakan internet sebagai sumber belajar lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa yaitu sebesar 73,54 yang telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan oleh sekolah sebesar 70. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 14,94 %. Peningkatan prestasi belajar secara signifikan ini dimungkinkan karena dengan menggunakan buku penunjang, siswa dapat lebih fokus dalam mempelajari materi pelajaran sehingga siswa lebih mudah dalam menyerap materi pelajaran tersebut. Siswa juga lebih mudah menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru sehingga siswa mendapatkan nilai yang baik. (2) Hasil belajar sejarah siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi setelah diajar dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar mengalami kenaikan sebesar 19,91%. Hal ini menunjukkan bahwa pengunaan internet sebagai sumber belajar memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa walaupun masih kurang maksimal. Kurang maksimalnya pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa yaitu sebesar 68,62 yang belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Tidak adanya proteksi terhadap sistem internet yang tersedia mengakibatkan perhatian siswa terpecah ketika menggunakan internet di sekolah sehingga tidak terjadi perubahan yang besar dalam hasil belajar siswa khususnya untuk mata pelajaran sejarah. (3) Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar khususnya bagi siswa kelas eksperimen SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi terbukti mampu memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 29,2%. Pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa ini masih rendah karena sebesar 70,8% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa ini dapat ditingkatkan dengan cara memaksimalkan peran guru, sekolah dan orang tua dalam memotivasi siswa agar siswa mampu memanfaatkan potensi internet sebagai sumber informasi tak terbatas secara maksimal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI program IPS SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar di SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi disarankan untuk lebih dikembangkan sehingga dapat memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar siswa.