Perbedaan Hasil Belajar Sistem Kontrol Terprogram Melalui Penerapan Model Pembelajaran SCCS dan Model PBL BerbantuanCx-Programmer SiswaKelas XI TOI SMKN 1 Singosari

Main Author: Febriani Afnia Dwi; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2019
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/81816
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFebriani,Afnia Dwi.2018.Perbedaan Hasil Belajar Sistem Kontrol Terprogram Melalui Penerapan Model Pembelajaran SCCS dan Model PBL BerbantuanCx-Programmer SiswaKelas XI TOI SMKN 1 Singosari. Skripsi. S1 PendidikanTeknikElektro. JurusanTeknikElektro. FakultasTeknik. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. SlametWibawanto.,M.T, (2) Dyah Lestari,S.T.,M.Eng.Kata Kunci :HasilBelajar,Model pembelajaran, Student Created Case Studies, Problem Based Learning,Cx-Programmer, SistemKontrolTerprogram.Model pembelajaranberfungsidenganbaikketika model pembelajarantersebutdapatmempermudahsiswadalammenguasaimateripelajaran, sertamemberikansuasanabelajar yang dapatmembangkitkansemangatsiswa. Di SMKN 1 SingosaripembelajaranpadamatapelajaranSistemKontrolTerprogramdilakukansecaraberkelompok, akantetapipembelajarantersebuttidakterlaksanadenganbaikkarenapembelajaran yang dilakukancenderungtidaksesuailangkah-langkahnya. Pembelajaransecaraberkelompokdikelasmenyebabkansebagiansiswasaja yang aktifnamunsiswa yang lain kurangbegituantusiasmengikutikegiatanpembelajaran. Pembelajaransecaraberkelompok yang diterapkandikelastersebutmenyebabkanaktivitasbelajarrendah. Aktivitaspembelajaran yang rendahtersebutmengakibatkan tingkatpemahamansiswaterhadapmatericukuprendahdansekitar 70 % hasilbelajarsiswa di kelas XI TOI di SMKN 1 Singosarimasihbanyak yang belummencapaiKKM.Tujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarpadaranahsikap, pengetahuandanketerampilanpadamatapelajaranSistemKontrolTerprogrammelaluipenerapan model pembelajaranStudent Created Case Studies dan model Problem Based Learning berbantuanCx-Programmer.Populasi yang digunakanpadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelas XI TOI SMKN 1 Singosari.Teknik sampling yang digunakanyaitu sampling jenuhdimanakeseluruhanpopulasidigunakanuntukpenelitian. Padapenelitianinikelas XI TOI 1 digunakansebagaikelaseksperimendankelas XI TOI 2 digunakansebagaikelaskontrol.PenelitianinimerupakanpenelitianQuasyEksperimental Design, padapenelitianinikelompokkontroltidakdapatdigunakansepenuhnyauntukmengontrol. Desain yang digunakandalamrancanganpenelitianiniadalahNonequivalent Control Group Design desaininihampirsamadenganpretest-posttest control group design akantetapikelompokeksperimenmaupunkelompokkontroltidakdipilihsecara random.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajardalamranahsikap, pengetahuandanketerampilan yang signifikanantarasiswa yang diajarmelaluipenerapan model pembelajaranStudent Created Case Studies dan model Problem Based Learning berbantuanCx-Programmer padamatapelajaranSistemKontrolTerprogram di SMKN 1 Singosari.