Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMPI Al-Ishlah Trowulan Mojokerto
Main Author: | SITI MASRUROH; perpus UM |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/8128 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMasruroh, Siti. 2010. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ContextualTeaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Interaktif TerhadapHasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMPI Al-IshlahTrowulan Mojokerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan TeknikInformatika, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas NegeriMalang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M. T. (II)Muhammad Ashar, S. T., M. T.Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar, CeramahBermakna, TIK.Keberhasilan dalam proses pembelajaran yang dicapai oleh guru selaindari media yang digunakan juga tidak lepas dari strategi atau metodepembelajaran yang digunakan. Kepandaian guru dalam menentukan metodepembelajaran berdampak positif dalam peningkatan hasil belajar yang dicapaisiswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah contextualteachingand learning. Contextual teaching and learning merupakan suatu konsepbelajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasidunia nyata siswa ke dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh dan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakanmodel pembelajaran CTL berbantuan media interaktif dengan siswa yang belajarmenggunakan metode ceramah bermakna berbantuan media LCD padakompetensi dasar Membuat dokumen pengolah angka sederhana .Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif komparatif denganmenggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental). Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPI Al-Ishlah TrowulanMojokerto tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 195 siswa. Sedangkansampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu VIIId sebagai kelompok kontroldan kelas VIIIe sebagai kelompok eksperimen, kelas kontrol adalah kelas yangdiajar menggunakan metode ceramah bermakna berbantuan media LCDsedangkan kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajar menggunakanmodel pembelajaran CTL berbantuan media interaktif. Pengambilan sampelmenggunakan teknik sampling kelompok (kluster).Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode ceramah bermaknaberbantuan media LCD dan model pembelajaran CTL berbantuan media interaktifdan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VIIISMPI Al-Ishlah Trowulan Mojokerto. Instrumen yang digunakan adalahinstrumen perlakuan yaitu rpp, silabus, LKS, kisi-kisi soal, dan kunci jawaban daninstrumen pengukuran berupa tes akhir, lembar penilaian observasi afektif danpsikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistikkuantitatif dengan bantuan SPSS For Windows. Analisis stasistik kuantitatifdigunakan untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajarsiswa yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata,uji hipotesis, dan uji korelasi Product Moment.Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa padakelas kontrol adalah 62,2 dan pada kelas eksperimen adalah 70,5, nilai rata-ratadari masing-masing kelas diuji hipotesis dengan meggunakan Uji-t dan Ujikorelasi Product Moment. Uji-t digunakan untuk mengetahui apakah adaperbedaan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen, dariUji-t diperoleh hasil yaitu thitung. 2,173 > ttabel 1,658. Sedangkan Uji korelasiProduct Moment digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelpembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dari Uji korelasi ProductMoment diperoleh hasil yaitu rhitung > rtabel (0,496 > 0,316) pada kelas kontrol danrhitung > rtabel (0,528 > 0,329) pada kelas eksperimen. Kesimpulan dari hasilanalisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswayang belajar menggunakan pembelajaran CTL berbantuan media interaktif dengansiswa yang belajar dengan metode ceramah bermakna berbantuan media LCDpada kompetensi dasar Membuat dokumen pengolah angka sederhana . Modelpembelajaran CTL berbantuan media interaktif memberikan pengaruh yang positifterhadap kelas VIIIe, dengan penerapan model CTL siswa menjadi aktif dalamkegiatan pembelajaran di kelas, sehingga hasil belajar kelas VIIIe (eksperimen)lebih tinggi dari pada kelas VIIId (kontrol).