Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Periferal Kelas X TKJ di SMK NEGERI 6 Malang
Main Author: | Royyan Alfiyatu Zuhriyah |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2010
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/7988 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKZuhriyah, Royyan Alfiyatu. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran KooperatifTipe GI (Group Investigation) Terhadap Minat Belajar dan Hasil BelajarPada Mata Pelajaran Periferal Kelas X TKJ di SMK NEGERI 6 Malang.Pembimbing: (I) Drs.Slamet Wibawanto,M.T, (II) Didik DwiPrasetya,ST.,M.T.Kata Kunci: hasil belajar, kooperatif, GI (Group Investigation), modelkonvensional (metode Ceramah Bermakna), periferalPada pembelajaran periferal di SMK Negeri 6 Malang, umumnya gurumasih menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran kurang bervariasidapat menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan membuat hasil belajar siswa diSMK Negeri 6 Malang rendah. Agar dapat menciptakan situasi pembelajaran yanglebih bervariasi dan dapat meningkatkan peran serta siswa dalam pembelajaranmaka perlu diterapkan model pembelajaran, misalnya model pembelajarankooperatif.Salah satu alternatif metode mengajar yang memungkinkan siswa berperanaktif dalam pembelajaran melalui pembelajaran kelompok. Pembelajarankelompok merupakan model pembelajaran yang didalamnya siswa bekerjabersama-sama untuk mencapai tujuan khusus atau menyelesaikan suatu tugas.Dalam hal ini penelitian memilih menggunakan pembelajaran kelompok modelGroup Investigation, yaitu masing-masing kelompok bekerjasama untukmerencanakan penyelidikan, melaksanakan penyelidikan hingga menyajikan hasilakhir penyelidikan di depan kelas untuk kelas eksperimen. Selanjutnya untukpembelajaran kelas kontrol menggunakan model konvensional (metode ceramahbermakna).Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu denganmenggunakan Pretest-Posttest Control Design. Teknik pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan observasi. Metode tesdigunakan untuk mengukur kognitif siswa dan tes observasi digunakan untukmengukur psikomotorik siswa selama proses pembelajaran berlangsung baik dikelas kontrol dan eksperimen. Metode tes dan psikomotorik digunakan untukmengukur hasil belajar siswa yang dilihat dari pretest dan posttest.Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) tidak adaperbedaan kamampuan awal siswa kelas kontrol maupun eksperimen sebelumdiberi perlakuan. (2) ada perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelaskontrol dan kelas eksperimen setelah diberi perlakuan untuk kelas eksperimenmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dankelas kontrol menggunakan metode konvensional (metode ceramah bermakna)sehingga diperoleh thitung (2,089) > ttabel (1,658). (3) minat belajar kelas kontroltidak ada hubungan dengan hasil belajar dan minat belajar kelas eksperimen adahubungan positif yang signifikan dengan hasil belajar.