PerbedaanKeaktifan dan Hasil BelajarSimulasi Digital Karena PengaruhPenerapan Model Problem Solving Berbantuan Modul Pembelajarandibandingkan Problem Solving Berbantuan Video Edukasipada Siswa Kelas 10 TKJ SMKN 7 Malang
Main Author: | Hamzah Mega Ariananda; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/78132 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ariananda, Hamzah Mega. 2019. PerbedaanKeaktifan dan Hasil BelajarSimulasi Digital Karena PengaruhPenerapan Model Problem Solving Berbantuan Modul Pembelajarandibandingkan Problem Solving Berbantuan Video Edukasipada Siswa Kelas 10 TKJ SMKN 7 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pemibimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom., (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keaktifan,Modul Pembelajaran, Problem Solving, Video Edukasi Salah satucarauntukmeningkatkankualitasmutupendidikanadalahdengancaraperbaikan proses pembelajaran. Selain model pembelajaran yang sesuaidenganmatapelajaransimulasi digital media pembelajaran juga ikutandildalammeningkatkankeaktifan dan juga hasilbelajarsiswa. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajar dan keaktifansiswamenggunakan model pembelajaranproblem solvingdenganberbantuanmodulpembelajarandibandingkanproblem solvingberbantuan video edukasi pada matapelajaransimulasi digital. PenelitianinidirancangdalambentukpenelitiansemuataubiasadikenaldenganQuasi EksperimentalDesain. Rancanganpenelitian yang digunakanadalahpretest posttest control group designdenganmelibatkanduakelaseksperimen. Dalampenelitianini, pendekatan yang digunakanuntukmenganalisis data adalahpendekatankuantitatif, karenapenelitianinimenggunakan data berupaangkayaknihasilbelajar yang meliputipretest, posttest,keterampilan dan observasikeaktifan. Analisis data yang digunakanuntukmengujihipotesisadalah uji-t Hasil penelitianinimenjukanbahwaterdapatperbedaankeaktifan dan hasilbelajar yang signifikanantara model pembelajaranproblem solvingberbantuanmodulpembelajarandengan model pembelajaranproblem solvingberbantuan video edukasi. Dilihatdari uji-t pada ranahkeaktifannilaidari sig.(2-tailed) = 0,021 yang artinya 0,021 < 0,05. Begitupundenganhasilbelajarranahkognitifnilaisig.(2-tailed) = 0,001. Artinya, 0,001 < 0,05. Juga denganhasilbelajarranahpsikomotoriknilaisig.(2-tailed) = 0,003. Artinya, 0,003 < 0,05. Karena semuanilai uji-t kurangdari 0,05 makadapatdisebutterdapatperbedaansignifikandiantaradua variable tersebut. Kesimpulan daripenelitianiniadalahterdapatperbedaankeaktifan, hasilbelajarpengetahuan, dan hasilbelajarketerampilan yang signifikanantarasiswa yang diajardengan model pembelajaranProblem Solvingberbantuanmodulpembelajaran dan Problem Solvingberbantuan video edukasi.