PENGARUH PENERAPANPENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ)PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASUKTUR JARINGAN DI SMKNEGERI 10 MALANG
Main Author: | One Aprillian Nurindasari; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/77712 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/download/77712/74736 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurindasari, One Aprillian. 2018. Pengaruh Pendidikan Karakter dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan (TKJ) pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd (2) Drs. Hari Putranto M.Pd.Kata Kunci: pendidikan karakter, dan motivasi belajar, hasil belajar. Proses belajar mengajar yang baik adalah yang terdapat nilai-nilai karakter didalamnya berguna untuk menunjang hasil belajar siswa. Hasil belajar yang dicapai oleh siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor.Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari dalam diri siswa itu sendiri (faktor internal) dan ada juga yang berasal dari luar diri siswa (faktor eksternal).Faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar selain pendidikan karakter salah satunya yaitu motivasi belajar. Administrasi Infrastruktur Jaringan merupakan mata pelajaran yang tergolong sulit maka agar mendapatkan hasil belajar yang baik dibutuhkan motivasi belajar yang tinggi. Dengan terbentuknya karakter di sekolah serta didukung motivasi belajar yang kuat pasti akan menghasilkan hasil belajar yang optimal. Namun berdasarkan hasil observasi awal, rata-rata hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 10 Malang pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan masih relatif rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh penerapan pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 10 Malang; (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 10 Malang; (3) Mengetahui pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Negri 10 Malang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional dan bersifat Ex Post Facto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 10 Malang. Teknik pengambilan data melalui angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) pendidikan karakter berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa; (2) motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa; (3) pendidikan karakter dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang diberikan yaitu: (1) Bagi Guru hendaknya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan stimulus dan arahan pada siswa tentang materi pembelajaran dan pemahaman serta penerapannya pada kehidupan sehari-hari, agar siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan;(2) Bagi Sekolah hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai sarana informasi untuk lebih memperhatikan betapa pentingnya pendidikan karakter dan motivasi belajar bagi peserta didik dalam kegiatan belajar dan mengajar agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran; (3) Bagi Peneliti sebagai proses pembelajaran diri sebagai insan akademis, yakni agar peneliti tidak hanya belajar secara teoritis di bangku kuliah, juga dapat melihat realita yang terjadi dalam dunia pendidikan.