PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBENTUK DIGITAL MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK (PDE) BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MEMAHAMKAN KONSEP PADA SISWA KELAS X TIPTL DI SMKN 2 PROBOLINGGO

Main Author: Siska Dwi Ambarwati; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/76293
Daftar Isi:
  • RINGKASAN Ambarwati, Siska Dwi. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbentuk Digital Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) Berbasis Mind Mapping untuk Memahamkan Konsep Pada Siswa Kelas X TIPTL di SMKN 2 Probolinggo. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Hari Putranto, M.Pd., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Berbentuk Digital, Pekerjaan Dasar Elektromekanik, Mind Mapping, Pemahaman Konsep. Modul digital atau elektronik merupakan bentuk penyajian bahan ajar yang disusun secara sistematis dan disajikan dalam format elektronik. Modul digital memuat materi terstruktur yang dapat digabungkan dengan animasi, gambar, video, atau musik sehingga modul akan terlihat lebih menarik. Materi pada modul ajar digital yang akan dikembangkan yaitu materi pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Semester Gasal. Pekerjaan Dasar Elektromekanik merupakan salah satu mata pelajaran produktif yang terdapat di paket keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Penggunaan mind mapping pada modul ini dapat memudahkan siswa untuk memetakan konsep-konsep materi di awal pembelajaran, mengetahui hubungan antar-materi, dan mengetahui materi yang akan dipelajari sehingga tidak terjadi kesalahan konsep pada siswa. Dari hasil observasi pada guru pengampu mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik, diperoleh informasi bahwa pada pembelajaran PDE bahan ajar yang digunakan berupa hardcopy tayangan PPT. Bahan ajar lain yang disediakan oleh Kemendikbud berupa e-book. Namun, bahan ajar tersebut tidak sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Kurangnya sumber belajar dalam pembelajaran menyebabkan kegiatan belajar siswa menjadi kurang optimal, maka dibuatlah modul ajar digital PDE semester gasal. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah merencanakan, mengembangkan, menguji kelayakan modul, serta menguji efektifitas untuk pemahaman konsep pada siswa. Modul tersebut diatas dikembangkan menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Sadiman. Langkah-langkah yang akan ditempuh dalam pengembangan antara lain: (1) Identifikasi kebutuhan; (2) Perumusan tujuan; (3) Perumusan butir-butir materi; (4) Perumusan alat pengukur keberhasilan; (5) Penulisan naskah media; (6) Validasi/uji coba; (7) Revisi; dan (8) Produksi. Produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran berbentuk digital dengan ekstensi .exe untuk komputer/PC dan .apk untuk smartphone. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh tiga ahli dan diuji coba pada 15 siswa kelas XI TIPTL uji kelompok kecil dan 31 siswa kelas X TIPTL uji coba lapangan dan kebergunaan produk. Hasil validasi ahli sebesar 93,8%. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 90,0%, uji coba lapangan sebesar 90,8%, dan nilai uji pemahaman konsep sebesar 94,2. Berdasarkan hasil tersebut maka modul layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran PDE untuk memahamkan konsep pada siswa kelas X TIPTL. ABSTRACT Ambarwati, Siska Dwi. 2018. Development of Digital Learning Module of Electromechanical Work Subject Based on Mind Mapping to Increase Concept Understanding at Electric Power Utilization Installation Technique (TIPTL) Grade X Students at SMKN 2 Probolinggo. Thesis, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisor: (1) Drs. Hari Putranto, M.Pd., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Keywords: Development, Digital Module, Electromechanical Basic Work, Mind Mapping. Digital or electronic modules are a form of presentation of teaching materials that are arranged systematically and presented in electronic format. Digital modules contain structured material that can be combined with animation, images, videos or music so that the module will look more attractive. The material of the digital teaching module that will be developed is the material in the subjects of the Odd Semester Electromechanical Work. Electromechanical Basic Work is one of the productive subjects found in the Electricity Utilization Installation Engineering expertise package. Uses of mind mapping in this module can make it easier for students to map material concepts at the beginning of learning, know the relationship between the material, and know the material to be studied so that there is no misconception in students. From the results of observations on the teaching teachers of Electromechanical Basic Work subjects, information was obtained that the PDE learning materials used were in hardcopy of PPT impressions form. Other teaching materials provided by the Ministry of Education and Culture are e-books. However, the teaching material is not in accordance with the basic competencies to be achieved. Lack of learning resources in learning causes student learning activities to be less than optimal, so the odd semester PDE digital teaching module was created. The purpose of this research and development is to plan, develop, test the feasibility of the module, and test the effectiveness of understanding concepts in students. The module above will be developed using a research and development model according to Sadiman. The steps to be taken in development include: (1) Identification of needs; (2) Formulation of objectives; (3) Formulation of items; (4) Formulation of a measure of success; (5) Writing of media manuscripts; (6) Validation / trial; (7) Revisions; and (8) Production. The products produced are in the form of digital learning modules with .exe extensions for computers / PCs and .apk for smartphones. The product developed was validated by three experts and tested on 15 TIPTL class XI students in a small group test and 31 TIPTL X class students field trials and product uses. The results of expert validation were 93.8%. The results of the small group trial amounted to 90.0%, field trials amounted to 90.8%, and the conceptual understanding test value was 94.2. Based on these results, the module is feasible and can be used in PDE learning activities to understand the concepts in class X TIPTL students.