Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Kelas X TKJ SMK Al-Lathifi Sukosari Gondanglegi
Main Author: | Siti Ridho |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/74506 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/download/74506/70761 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/download/74506/70762 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/download/74506/70763 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/download/74506/70764 http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/download/74506/70765 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di kelas X SMK Al Lathifi Sukosari Gondanglegi pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi, siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu hasil belajar siswa kelas X rata-rata masih di bawah KKM. Siswa kurang semangat ketika belajar di dalam kelas karena model belajar yang sama yaitu ceramah dan guru menjadi satu-satunya sumber belajar di kelas sehingga siswa menjadi bosan dan kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai pre-test yang diberikan pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi, dengan hasil 16 siswa (57,14%) belum tuntas, sedangkan siswa yang tuntas adalah 12 siswa (42,86%) dari total keseluruhan 28 siswa dengan KKM untuk mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi adalah 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Data yang diperoleh merupakan hasil dari tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan oleh siswa. Data tersebut dibahas dan selanjutnya dianalisis yang kemudian dapat dibuat suatu kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Al Lathifi Sukosari Gondanglegi. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus 1 adalah 46,15%, siklus 2 sebesar 66,67%, siklus 3 sebesar 88,46%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 20,52%, peningkatan sebesar 21,79% dari siklus 2 ke siklus 3 untuk peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Al Lathifi Sukosari Gondanglegi pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI).