Pengembangan E-learning Sebagai Sumber Belajar Komputer Terapan Jaringan Bermuatan Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas XI Teknik Komputer Dan Jaringan di SMKN 3 Malang
Main Author: | RIFA' AZIZAH; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/73009 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK E-learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet dan perangkat komputer sebagai medianya. Komputer Terapan Jaringan merupakan salah satu mata pelajaran yang sedang ditempuh oleh siswa kelas XI TKJ. Berdasarkan hasil observasi di SMKN 3 Malang terdapat beberapa temuan, diantaranya: (1) sumber belajar yang relevan untuk guru dan siswa belum dikembangkan dengan maksimal, (2) siswa lebih suka menggunakan internet dalam mencari informasi untuk menyelesaikan suatu permasalahan, (3) siswa lebih banyak memanfaatkan fasilitas internet sekolah untuk bermain game atau bermedia sosial, dan (4) pembelajaran yang membentuk kemampuan analisa belum diterapkan. Akibatnya, pembelajaran yang ada terkesan satu arah dan berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan sumber belajar e-learning bermuatan model Problem Based Learning untuk menumbuhkan minat belajar pada siswa kelas XI TKJ di SMKN 3 Malang dan (2) mengetahui kelayakan e-learning ditinjau dari minat belajar siswa setelah menggunakannya sebagai sumber belajar di dalam proses pembelajaran. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap, diantaranya (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluate. Teknik pengujian menggunakan angket, kepada ahli media dan ahli materi sebagai validator, selanjutnya dilakukan uji coba perseorangan (1 orang), kelompok kecil (8 siswa), dan kelompok besar (30 siswa). Hasil dari pengembangan: (1) persentase validasi oleh ahli media sebesar 95.17%, ahli materi sebesar 90.97%, (2) uji coba perseorangan sebesar 78.4%, kelompok kecil 85.22%, uji coba kelompok besar 86.43%, dan (3) hasil uji coba minat belajar sebesar 63.33% dalam kategori tinggi, 33.3% kategori sedang, dan 3.3% kategori rendah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-learning yang dikembangkan di nyatakan layak untuk digunakan dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan.