PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK BERMUATAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI RPL SMKN 2 SINGOSARI KABUPATEN MALANG
Main Author: | Nafa Zulfa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2018
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/72423 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Berdasarkan observasi awal di SMKN 2 Singosari, khususnya penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran pemrograman berorientasi objek kelas XI memiliki beberapa masalah. Masalah utama yang ada adalah kurang dari setengah jumlah siswa di kelas yang mencapai nilai KKM. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka media pembelajaran interaktif bermuatan model pembelajaran teams games tournaments dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI. Program media pembelajaran interaktif ini dirancang menggunakan beberapa bahasa pemrograman, yaitu HTML5, javascript dan php dengan framework angularjs dan codeigniter serta menggunakan database mysql. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif yang mengadopsi model ADDIE yang meliputi: (a) analisis, (b) desain, (c) pengembangan, (d) implementasi dan (e) evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tertutup dan wawancara. Teknik tesebut digunakan untuk mengumpulkan data mengenai penilaian dan tanggapan ahli 1 dan ahli 2 serta untuk mengukur hasil belajar siswa kelas XI RPL. Evaluasi penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil angket siswa, ahli, nilai pre-test dan post-test. Uji coba dilaksanakan selama bulan April. Ahli 1 memvalidasi media dengan hasil persentase 87,50%. Ahli 2 memvalidasi materi dengan hasil persentase 87,50%. Angket siswa mendapat hasil persentase 85,65%. Penerapan media menghasilkan rata-rata peningkatan nilai dari pre-test ke post-test sebesar 49,71%.