Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Pekerjaan Dasar Elektromekanik Berbasis Project Based Learning untuk Keaktifan Siswa Kelas X TIPTL di SMKN 2 Probolinggo

Main Author: Wahyu Pradana Pertiwi
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/71732
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dari hasil observasi kepada guru pengampu mata pelajaran, didapat hasil bahwa saat pembelajaran berlangsung guru hanya berceramah dan sesekali menyuruh siswa untuk mencatat. Materi yang diberikan juga hanya sebatas penayangan powerpoint. Hal ini membuat siswanya merasa bosan dan malas saat pembelajaran. Karakteristik siswa kelas X TIPTL SMKN 2 Probolinggo adalah lebih menyukai tayangan bergambar dan bersuara seperti video daripada kegiatan yang hanya mencatat saja. Dengan potensi yang ada diharapkan pengembangan bahan ajar ini dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran di kelas. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono. Tahapan-tahapan dari model pengembangan Sugiyono adalah: (a) potensi dan masalah, (b) pengumpulan data, (c) desain produk, (d) validasi desain, (e) revisi desain, (f) uji coba produk, (g) revisi produk, (h) uji coba pemakaian, (i) revisi produk, dan (j) produksi masal. Bahan ajar yang dihasilkan dinyatakan sangat valid atau sangat layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran. Selain itu, terdapat hasil dari observasi keaktifan siswa yang menyebutkan bahwa saat pemakaian bahan ajar digital interaktif dalam pembelajaran membuat siswa menjadi aktif.