Perbedaan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar Listrik Elektronika Karena Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Snowball Throwing Dibandingkan Model Pembelajaran Aktif Student Facilitator and Explaining Pada Peserta Didik Kelas X TIPTL SMK Negeri 6 Kot

Main Author: Ahmad Mahmudah Rahim
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2018
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/71576
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Model pembelajaran yang sesuai dengan penerapan kurikulum 2013 yakni model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan menuntut keaktifan peserta didik. Model pembelajaran yang baik juga merupakan model pembelajaran yang dapat memberi kontribusi dalam mempermudah peserta didik untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui signifikansi perbedaan keaktifan belajar mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika pada kelas X TIPTL yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran aktif Snowball Throwing dan kelas X TIPTL yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran aktif Student Facilitator and Explaining di SMK Negeri 6 Kota Malang, (2) Mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika pada kelas X TIPTL yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran aktif Snowball Throwing dan kelas X TIPTL yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran aktif Student Facilitator and Explaining di SMK Negeri 6 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen quasi experimental designdan menggunakan tipe posttest only design, non-equivalent control group design. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen penelitian dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal peserta didik, nilai hasil observasi keaktifan belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis datayangdilakukan makadapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat keaktifan belajar mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dibandingkanStudent Facilitator and Explaining pada peserta didik kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Kota Malang, dan (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar ranah pengetahuan mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dibandingkanStudent Facilitator and Explaining pada peserta didik kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Kota Malang.