PengembanganBahan Ajar Interaktif pada Matapelajaran Sistem Komputer Berbasis PBL untuk SMK
Main Author: | Arizia Aulia Aziiza |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2017
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/63959 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Berdasarkanhasilwawancaradengan guru matapelajaransistemkomputerkelas X di SMK Negeri 1 Banyuwangi, bahan ajar yang digunakanmasihberupa file dengan format .pdf dari guru danbersumberdari internet. Bahan ajar yang sesuaidengankurikulum 2013 revisimasihbelumtersedia, halinimengakibatkansiswakesulitan untuk belajarsecaramandirimaupunkelompok, sehingga 65% siswamemilikidinilai di bawahstandart. Bahan ajar berupabuku digital yang dikembangkanterintegrasidengan model pembelajaranproblem based learning (PBL) yang diharapkanmampumengajaksiswaaktifdalambelajarsecaramandirimaupunkelompokdiskusi untuk menyelesaikansuatupermasalahan.Proses pembelajaranmasihmenggunakanmetodeceramahdenganpenyampaianmaterimenggunakanpower point. Saranadanprasarana di SMK Negeri 1 Banyuwangidapatdikatakanmemadai untuk dikembangkanbahan ajar interaktif. Penelitianinibertujuan untuk merancang, mengembangkan, danmengetahuikelayakanbahan ajar interaktifberupabuku digital berbasisproblem based learning padamatapelajaransistemkoputer. Metodepengembangan yang digunakanadalah ADDIE (Analysis, Design. Development, Implementation, and Evaluation). Model pengembanganinimeliputi 5 langkah, yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Sebelumbahan ajar diimplementasikan, dilakukanvalidasidanujicoba untuk mengetahuikelayakanbahan ajar berupabuku digital ini. Validasiterdiridarivalidasiahlimateridanvalidasiahli media. Sedangkanujicobaterdiridariujicobaperseorangan, ujicobakelompokkecil, danujicobakelompokbesar. Hasilvalidasidariahlimaterimemperolehpersentasevalidasisebesar 92.1% sedangkanahli media sebesar 86.05%. Ujicobadilakukansebanyak 3 tahap, yaitu: (1) ujicobaperseoranganmemperolehhasilsebesar 77%, (2) ujicobakelompokkecilmemperolehhasilsebesar 81.1%, dan (3) ujicobakelompokbesarmemperolehhasil 88.3%. Berdasarkanhasilvalidasidanujicoba, dapatdisimpulkanbahwabahan ajar interaktifberupabuku digital inidapatdinyatakansangat valid dansangatlayak untuk digunakan.