Upaya Sekolah Dalam Penyiapan Keterserapan Lulusan Memasuki Dunia Kerja Pada Jurusan TIK Di SMKN 6 Malang

Main Author: Arief Setyadi
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/52417
Daftar Isi:
  • ABSTRACT Setyadi, Arief. 2016. Upaya Sekolah Dalam Penyiapan Keterserapan Lulusan Memasuki Dunia Kerja Pada Jurusan TIK Di SMKN 6 Malang. S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Setiadi C. P., M.Pd., M.T (2) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T.Kata Kunci : Keterserapan Lulusan, SMK, Dunia KerjaDalam era perkembangan industri yang sangat cepat seperti sekarang ini, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus lebih baik dalam menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan permintaan lapangan kerja. Dengan mempertimbangkan dari beberapa aspek meliputi: (a) kerjasama dengan industri, (b) pelaksanaan bimbingan karier, dan (c) manajemen mutu sekolah. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui upaya sekolah dalam penyiapanlulusan. Berdasarkan hasil observasi, SMK Negeri 6 Malang dipilih sebagai tempat peneletian dikarenakan kecocokan kriteria yang dimiliki dengan aspek-aspek yang dipertimbangakan. Fokus penelitian ditujukan untuk mengetahui upaya yang dilakukan SMK Negeri 6 Malang dalam penyiapan lulusan memasuki dunia kerja dari aspek: (a) keefektifan kerja sama dengan industri; keterlaksanaan dan kemanfaatan bimbingan karier; dan (c) proses manajemen sekolah.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan bentuk penelitian satu situs multi kasus. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif yang didasarkan pada metologi penyelidikan suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Peneliti berperan sebagai alat sekaligus instrumen dalam teknik pengumpulan data.Sumber data berdasarkan tempat, orang yang terkait, dan dokumen tertulis yang dilakukan dengan prosedur dokumentasi, wawancara, dan observasi langsung. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Kerjasama yang telah dilakukan sekolah terkait dengan industri terdiri dari: pelaksanaan Prakerin, permintaan tenaga kerja,kunjungan indsutri, kerja sama dengan media massa dan penyusunan kurikulum. Bimbingan karier sudah dilaksanakandari kelas X sampai XII.Identifikasi penyusunan kurikulum terhadap kebutuhan dunia kerja dilakukan pada saat pelaksanaan Prakerin dengan mendapatkan umpan balik dari pihak industri. Dan pada pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas pihak industri datang dan secara langsung memberikan informasi. Penyediaan sarana sudah dilakukan dengan penyediaan laboratorium dan sarana pendukung lain. Dalam meningkatkan keterserapan lulusan, SMK Negeri 6 Malang melaksanakan program Prakerin dan juga permintaan tenaga kerja sebagai dua hal pokok dari upaya yang dilakukan ditinjau dari keefektivan kerja sama dengan industri.Pelaksanaan bimbingan karier dilaksanakan bertahap dengan isi pembelajaran yang disesuaiakan untuk masing-masing tingkatan kelas. Peningkatan mutu sekolah dilaksanakan dengan penyesuaian kurikulum sekolah dengan dunia kerja dengan cara pengumpulan informasi mengenai perkembangan dunia kerja melalui umpan balik dari pihak industri dalam pelaksanaan Prakerin dan pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas. Selain itu peningkatan mutu sekolah juga dilaksanakan dengan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai bagi siswa mencakup pembelajaran teori dan praktik.