Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Komputer di Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Malang
Main Author: | Rofiatus Sholikah |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2016
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/46337 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sholikah, Rofiatus. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Komputer di Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (i) Drs. Puger Honggowiyono, M.T, (ii) M. Zainal Arifin, S.Si,M.Kom. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, Think Pair Share, hasil belajar, penelitian tindakan kelas Perancangan yang matang sebelum melakukan tahapan-tahapan dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Apabila salah satu tahapan dalam penerapan model pembelajaran tidak dilakukan, maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini seperti latar belakang yang peneliti temukan di lapangan. Adapun permasalahan yang terdapat dalam kelas tersebut adalah sebanyak 2 siswa terlihat tidak semangat dalam kegiatan pembelajaran, sebanyak 19 siswa terlihat kurang antusias ketika guru panjang lebar menjelaskan materi, sebanyak 7 siswa terlihat malas-malasan dalam mendengarkan dan mencatat penjelasan materi dari guru akibat tidak adanya bahan ajar yang mendukung, selain itu sebanyak 5 siswa tidak terlibat dalam diskusi. Penyebab kurang berhasilnya kegiatan pembelajaran sistem komputer di kelas tersebut akibat dari guru yang tidak memahami langkah-langkah model pembelajaran Think Pair Share, yang seharusnya Think Pair Share merupakan active learning menjadi pembelajaran teacher oriented (satuarah) yang monoton dengan kegiatan ceramah dan hapalan pada siswa, maka untuk mengatasinya diperlukan perbaikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share di kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 Malang sesuai dengan langkah-langkah yang ditetapkan. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dengan langkah yang tepat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang terdiri dari tiga aspek, yaitu mampu meningkat kan hasil belajar aspek kognitif, mampu meningkatkan hasi lbelajar aspekafektif, dan mampu meningkatkan hasil belajar aspek psikomotorik. Dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas milik KemmisMcTaggart, peneliti merancang kegiatan pembelajaran sebelum menerapkannya di kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 2 malang yang berjumlah 31 siswa. Akhir dari siklus penelitian ini memperoleh hasil yang maksimal. Siswa mampu memperoleh peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran sistem komputer. Rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif yaitu sebesar7 8,55 di siklus I menjadi maksimal yaitu 95 di siklus II. Selain hasil belajar aspek kognitif, aspek afektif juga mengalami peningkatan yaitu 80,54 di siklus I, meningkat menjadi 88,39 di siklus II. Hal ini terjadi pula pada hasil belajar aspek psikomotorik, perolehan saat siklus I sebesar 80,97, di siklus II nilai rata-rata aspek psikomotorik ini mencapai 90,32. Siklus dihentikan ketika seluruh siswa berhasil mencapai KKM dan masing-masing siswa mengalami peningkatan hasil belajar.