Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Project BasedLearning dan Model Pembelajaran Jigsaw Mata Pelajaran Perakitan Komputer pada Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 12 Malang

Main Author: Selly Ariesta Fitriana; MAHASISWA
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2016
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/45145
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fitriana, Selly Ariesta. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Model Pembelajaran Jigsaw Mata Pelajaran Perakitan Komputer pada Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd, (II) Drs. Hari Putranto. Kata Kunci: Hasil Belajar, Project Based Learning, Jigsaw Dalam meningkatkan hasil belajar siswa seorang guru dituntut untuk menguasai dan menerapkan berbagai metode pengajaran. Dalam proses pembelajaran masih sering ditemui adanya kecenderungan meminimalkan keterlibatan siswa. Dominasi guru dalam proses pembelajaran menyebabkan kecenderungan siswa lebih bersifat pasif sehingga siswa lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan, sikap, atau keterampilan yang dibutuhkan siswa. Penelitian ini diakukan untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa dan untuk membandingkan perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Rancangan penelitian dengan metode eksperimen ini menggunakan bentuk Pretest-Postest Control Group Design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan TKJ SMKN 12 Malang tahun ajaran 2015/2016 dan sampelnya adalah 62 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas X TKJ-1 dan X TKJ-2. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kelas kontrol adalah kelas yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Kedua kelas tersebut diberi soal pretest dan postest dengan soal yang sama pada kedua materi tersebut. Hasil penelitian eksperimen ini menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen pertemuan pertama adalah 76,1 dan pertemuan kedua adalah 80,6, sedangkan ratarata hasil belajar kelas kontrol pertemuan pertama adalah 74,4 dan pertemuan kedua adalah 74,5. Rata-rata nilai hasil belajar kedua kelas tersebut menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. ABSTRACT Fitriana, Selly Ariesta. 2015. The differences Learning Outcomes Using Learning Model Project Based Learning and Learning Model Jigsaw Subject Assembling Computer in Class X TKJ SMK Negeri 12 Malang. Thesis, S1 Education Program Information Engineering, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd, (II) Drs. Hari Putranto. Keywords: Results Learning, Project Based Learning, Jigsaw In improving learning outcomes of student, a teacher is required to mastering and implementing various teaching method. In learning process, it’s still found a tendency to minimize the student involvement. Domination of teacher in learning process caused a tendency that students more passive so that they are more waiting about what teacher presents rather than seeking and finding their own knowledge, skill, or attitude they need. This research is conducted to gain an overview about improvement of student’s learning outcomes and compare the different of learning outcomes between students who use learning model Project Based Learning (PjBL) and students who use learning model Jigsaw. The design of this research with experiment method was using PretestPosttest Control Group Design which involved experiment group and control group. The population of this research was 10 th graders of TKJ SMKN 12 Malang academic year 2015/2016 and the sample was 62 students that divided into 2 classes, which were 10 th TKJ-1 and 10 th TKJ-2. Class experiment was class which treated by using learning model Project Based Learning (PjBL) and class control was the class which treated by using learning model Jigsaw. Both of classes were given pretest and posttest which same with both materials. The results of this experimental research showed a difference between learning outcomes experimental class and control class. It could be seen from the average student learning outcomes obtained, the average results of experimental class learning when first meeting was 76.1 and the second meeting was 80.6, while the average learning outcomes control class was 74.4 and the first meeting the second meeting was 74.5. The average value of both classroom learning results showed that the average student learning outcomes experimental class was higher than the control class.