PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR ELEKTRONIKA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOTRONIK SMK NEGERI 6 MALANG

Main Author: MOH THOMCHAN FAJRI; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/44613
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/download/44613/27707
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fajri, Moh. Thomchan. 2015. Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Dasar Elektronika Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ototronik SMKN 6 Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Dwi Prihanto, S.ST.,M.Pd. (2) M. Rodhi Faiz, S.T., M.T. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, STAD, aktivitas belajar, hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X Ototronik 2 SMKN 6 malang, diketahui bahwa kegiatan pembelajaran kurang terlaksana dengan baik. Pada saat kegiatan pembelajaran TDE siswa terlihat mengantuk dan bosan. Dari 33 siswa dikelas X Ototronik 2, hanya sekitar tujuh sampai sembilan siswa yang aktif mengikuti proses pembelajaran. Hasil belajar siswa rendah yaitu hanya 36% siswa yang mendapat nilai diatas KKM dengan rata-rata nilai 65. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu tindakan perbaikan adalah dengan penerapan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X teknik ototronik SMKN 6 Malang. Penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas X Ototronik 2 semester ganjil tahun ajaran 2015-2016 SMKN 6 Malang yang berjumlah 33 siswa. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru. Hasil penelitian belajar untuk ranah pengetahuan menunjukkan penerapan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) memiliki rata-rata 68 dengan persentase ketuntasan siswa 48.48% pada siklus I, selanjutnya rata-rata 72 dengan persentase ketuntasan siswa 78.78% pada siklus II, dan rata-rata 75 dengan persentase ketuntasan 100%. Untuk persentase hasil belajar ranah sikap menunjukkan predikat yang diperoleh siswa sebanyak dengan predikat C (cukup) rata-rata 72.6 pada siklus I, B (baik) rata-rata 88.4 pada siklus II dan SB (sangat baik) rata-rata 93.4. Sedangkan rata-rata hasil belajar ranah keterampilan meningkat disetiap siklusnya sebesar 70.6 pada siklus I, 79.2 pada siklus II dan 88.3 pada siklus III. Aktivitas yang dinilai adalah kegiatan visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, metrik, mental dan emosional. Aktivitas siswa meningkat dari rata-rata semua indikator dari 67.64% siklus I, 79.61% pada siklus II dan 91.43 pada siklus III.