Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Slahung

Main Author: Gilang Samodra Trisyuangga; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/42170
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat penting dalam segala bentuk aktifitas yang dilaksanakan di sekolah. Proses pembelajaran erat kaitannya dengan hubungan antara guru dan siswa dalam kelas pembelajaran. Pada mata pelajaran perakitan komputer di SMK Negeri 1 Slahung yang diajarkan pada kelas X TKJ 2 menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas terdapat beberapa kendala. Hal ini karena tingkat pemahaman siswa yang masih rendah dan metode pembelajarannya kurang memiliki daya dukung terhadap hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas tersebut adalah 61.62 dengan prosentase ketuntasan sebesar 23.53%. Penelitian yang peneliti lakukan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan PC dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Di awal pembelajaran guru harus lebih memfokuskan pada kompetensi diri dari masing-masing siswa, jadi lebih baik siswa dengan nilai yang tergolong rendah bisa ditempatkan di meja paling depan. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami materi yang akan diajarkan. Dalam kegiatan diskusi dalam 1 kelompok nantinya akan diisi oleh 4-5 orang siswa saja dan anggota kelompok disesuaikan dengan karakteristik dari masing-masing siswa. Hal ini dimaksudkan agar setiap anggota dapat berperan aktif dalam kegiatan diskusi. Pada kegiatan presentasi seluruh kelompok akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusinya. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Siklus yang dirancang minimal 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK N 1 Slahung sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada aspek sikap mengalami peningkatan dari 29,41% menjadi 67,64%. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dari 47,06% menjadi 91,17%. Dan hasil belajar siswa pada aspek keterampilan dari 38,23% menjadi 91,17%. Hasil belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dari hasil rata-rata kelas sebesar 67,45 dengan prosentase ketuntasan 50% pada siklus I menjadi 81,05 dengan prosentase ketuntasan sebesar 85,29% pada siklus II.