Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan SMKN 1 Blitar

Main Author: RENI PUSPITA NURFADMI; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/41553
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/download/41553/23996
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurfadmi, R. P. 2015. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan SMKN 1 Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowiyono, M.T., (II) Drs. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. Kata Kunci : Project Based Learning, Think Pair Share (TPS), Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Kompetensi Kejuruan. Keberhasilan dari suatu pembelajaran dapat diketahui dari ketepatan seseorang guru dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai, sehingga memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan observasi permasalahan yang ada di SMKN 1 Blitar antara lain sistem penyampaian materi yang masih kurang maksimal yaitu dengan metode ceramah, motivasi siswa yang masih rendah membuat kemauan belajar juga rendah akibatnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang sudah ditentukan sekolah. Meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik 1 SMKN 1 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design atau eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan simple random sampling dengan pola pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMKN 1 Bltar yang berjumlah 4 kelas. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X TITL 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat yaitu motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan. Berdasarkan analisis uji-t dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif. Tetapi terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ranah afektif dan psikomotorik. Kemudian untuk motivasi belajar dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran kompetensi kejuruan SMKN 1 Blitar.