Perbedaan Motivasi Dan Hasil Belajar Dasar Kompetensi Kejuruan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Direct Instruction Siswa Kelas X Teknik Elektronika Industri Di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung
Main Author: | BHERNADHET CITRA WISATAWATI; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/40414 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Citra W., Bhernadhet. 2014. Perbedaan Motivasi Dan Hasil Belajar Dasar Kompetensi Kejuruan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Direct Instruction Siswa Kelas X Teknik Elektronika Industri Di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Hary Suswanto, M.T. (2) Drs. Sujono, M. T. Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw, Direct Instruction. Seorang guru perlu memahami faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keberhasilan siswa dalam belajar. Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah motivasi belajar. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi seseorang berkeinginan untuk melakukan aktivitas belajar lebih rajin dan semangat. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Dan menggunakan dua kelas, yaitu kelompok yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelompok yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan efisiensi. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelompok yang menggunakan pembelajaran Direct Instruction dengan sig. 0,000