Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Basis Data Siswa Kelas XI RPL SMKN 2 Singosari

Main Author: RISA RIDHOWATI MAHANANI; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/39831
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mahanani, Risa Ridhowati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Basis Data Siswa Kelas XI RPL 1 Di SMKN 2 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto, M.Kom., (II) Muhammad Jauharul Fuady, S.T., M.T. Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), Hasil Belajar, Basis Data. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi umat manusia untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Saat ini pendidikan di Indonesia sudah menerapkan Kurikulum 2013, tidak terkecuali di SMK. Salah satu SMK yang menerapkannya yaitu, SMKN 2 Singosari. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi saat PPL, ditemukan beberapa masalah. Beberapa masalahnya yaitu, Guru kurang terstruktur dan kurang disiplin waktu dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta siswa kurang disiplin dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Kedua faktor tersebut mempengaruhi hasil ketuntasan siswa. Dari 31 siswa, terdapat 12 siswa yang nilainya tidak memenuhi standar kompetensi minimal yaitu 75. Pemecahan untuk masalah tersebut adalah, guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Model pembelajaran langsung merupakan sebuah metode pembelajaran yang dalam penerapannya terdapat beberapa fase, setiap fasenya memudahkan guru dalam memberikan penjelasan materi maupun praktek secara terstruktur. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Basis Data siswa kelas XI RPL SMKN 2 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Jenis PTK yang diterapkan adalah model Kurt Lewin yang memiliki 4 tahap tiap satu siklus. Pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian yang menerapkan model pembelajaran langsung, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat, dari ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tiap siklus hasil belajar siswa mengalami perubahan yang bersifat meningkat. Pada ranah sikap dan keterampilan nilai ketuntasan mencapai 80% dan pada ranah pengetahuan nilai ketuntasan mencapai 90%. Dari uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Basis Data siswa kelas XI SMKN 2 Singosari.