Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMKN 2 Singosari

Main Author: Silvia Wahyuningrum; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/38868
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/download/38868/0
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wahynuningrum, Silvia. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMKN 2 Singosari. Skripsi. Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik El Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Pemrograman Desktop Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan selama PPL di kelas XI RPL 1 SMK Negeri 2 Singosari saat proses pembelajaran berlangsung, terdapat beberapa permasalahan pada mata pelajaran Pemrograman Desktop. Siswa memiliki aktivitas belajar yang rendah dan hasil belajar yang tidak memenuhi KKM. Dari 31 siswa dalam satu kelas, siswa yang tidak mengamati apa yang dijelaskan oleh guru sebanyak 57%, sebanyak 56% siswa tidak pernah mengemukakan pendapat ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya. Rata-rata aktivitas siswa rendah yaitu 52%. Sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang kurang optimal yaitu dari 31 siswa 54% siswa sebanyak 17 siswa nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 75. Untuk mengatasi masalah tersebut, solusi yang ditawarkan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Model Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan pendekatan pembelajaran yang membutuhkan suatu pembelajaran komperehensif dimana lingkungan siswa (kelas) direncanakan agar siswa dapat melakukan penyelidikan terhadap masalah autentik termasuk pendalaman materi suatu pembelajaran dan melaksanakan tugas bermakna lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Desktop. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Tahapan model pembelajaran berbasis proyek terdiri dari perencanaan, penciptaan, dan penerapan. Subjek penelitian ini adalah kelas XI RPL di SMKN 2 Singosari yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek, siswa memiliki rata-rata aktivitas sebesar 77,76 pada siklus I dan sebesar 83,95 pada siklus II. Hasil belajar pada aspek pengetahuan memiliki rata-rata 76,06 pada siklus I dan 85,19 pada siklus II dengan ketuntasan 100%. Hasil belajar aspek sikap memiliki rata-rata sebesar 73,73 pada siklus I dan 83,10 pada siklus II. Hasil belajar aspek keterampilan memiliki rata-rata sebesar 81,50 pada siklus I dan 88,24 pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI RPL 1 SMKN 2 Singosari.