Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Siswa Kelas X TEI Di SMK Negeri 1 Blitar

Main Author: Elga Aris Prastyo; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2015
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/38682
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran sebelumnya, pada Standar Kompetensi Membuat Papan Rangkaian Tercetak (PRT) ditemui beberapa kondisi sebagai berikut: (a) Hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM secara tuntas, (b) Guru sebelumnya sudah menggunakan model PjBL akan tetapi langkah-langkahnya belum secara utuh. Untukmengatasi permasalah tersebut, solusi yang ditawarkan adalah menggunakan model PjBL yang dilaksanakan secara utuh sesuai dengan langkah-langkah PjBL. Model ini dapat melatih siswa berfikir kritis, mengembangkan keterampilannya, dan menyelesaikan masalah berdasarkan dunia nyata. Sehingga, dalam pelaksanaan pembelajarannya pun membutuhkan praktik secara langsung agar siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Diharapkan dengan penerapan model PjBL ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan McTaggart. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 3 siklus dan bersifat kolaboratif partisipatoris, yaitu peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat dalam pelaksanaan tindakan. Hasilpenelitian yang diperoleh hingga akhir siklus 3 yaitu ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siklus 1 hingga siklus 3 mengalami kenaikan total sebesar 45,45% dengan persentase ketuntasan secara signifikan sebesar 100%, ketuntasan hasil belajar afektif mengalami kenaikan total sebesar 12,24% dan ketuntasan hasil proyek siswa mengalami kenaikan sebesar 21,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada kompetensidasar (3.2) Menerapkan gambar teknik elektronika berdasarkan standar ANSI dan DIN dan (4.2) Membuat macam-macam simbol, diagram skematik, papan rangkaian tercetak (PRT), tata letak komponen dan daftar serta harga komponen di bidang perekayasaan elektronika pada kelas X TEI 1 di SMK Negeri 1 Blitar tanpa proses remidi.