Implementasi model pembelajaran PBL(problem based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran teknik mikroprosesor pada siswa kelas XI jurusan teknik elektronikan industri di SMKN 3 Boyolangu kabupaten tulungagung
Main Author: | yussi anggraini; Mahasiswa |
---|---|
Format: | PeerReviewed eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM
, 2015
|
Online Access: |
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/38177 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Anggraini, Yussi. 2015. Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem based learning) untukMeningkatkanAktivitasBelajardanHasilBelajardalam Mata PelajaranTeknikMikroprosesorpadaSiswaKelas XIJurusanTeknikElektronikaIndustri di SMKN 3 BoyolanguKabupatenTulungagung. Skripsi, ProgamStudiPendidikanTeknikElektro, JurusanTeknikElektro, FakultasTeknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. DwiPrihanto, S.S.T., M.Pd. (II) H.M.RodhiFaiz,S.T.,M.T. Kata Kunci:Problem Based Learning, AktivitasBelajar, HasilBelajar Model pembelajaran yang digunakan khususnya SMK Negeri 3 Boyolangupada jurusan TeknikMikroprosesorini masih konvensional. Hal ini dapat berdampak pada aktivitasdanhasil belajar siswa khususnya pada jurusan TeknikElektronikaIndustriini masih belummencapaitingkatmaksimal. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanaktivitassiswadanhasilbelajarsiswadalammatapelajaranteknikmikroprosesor. Penelitianinimenggunakan model pembelajarankooperatiftipeProblem Based Learning (PBL).RancanganpenelitianinimenggunakanPTK(PenelitianTindakanKelas). Subyekpenelitianiniadalahkelas XI TEI 1 SMKN 3 Boyolangudenganjumlah 33 siswa.Teknikpengumpulan data sendiridalampenelitianiniberupaobservasi, wawancara, dokumentasidantesakhir.Analisis data dalampenelitianinidilakukandengancaramengolah data, menyajikan data, menarikkesimpulan, danselanjutnyadilakukanrefleksi. Untukaktivitasbelajarmenggunakanlembarobservasiaktivitas, sedangkanuntukhasilbelajarmenggunakanpost test, lembarobservasiketerampilansertalembarobservasisikap yang digunakansebagai instrument untukmelihattingkatkeberhasilanpenerapan model pembelajarantersebut. Hasilpenelitianmenunjukanbahwaterjadipeningkatan yang signifikandarisiklus ke-1 sampaisiklus ke-3.Hasilaktivitassiswaterjadipeningkatandarisiklus ke-1 menujusiklus ke-2 yaitusebanyak 9% danterjadipeningkatanlagisampaisiklus ke-3 sebanyak 11,1%. Sedangkanhasilbelajarsiswaranahsikapjugamengalamipeningkatanuntukkategorisangatbaiksebesar 13%, untukranahpengetahuanrerata dari siklus 1 sampai siklus ke 3 mengalami peningkatan, siswa yang tuntas sudah mencapai 100%, dan untuk ranah keterampilan peningkatanterjadisampaisiklus ke-3 sebanyak 0,69%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwaimplementasi model pembelajaranproblem based learningdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.