Pengembangan Trainer Robot Lengan Otomatis Sebagai Media Pembelajaran Robotika

Main Author: Citta Anindya; Mahasiswa
Format: PeerReviewed eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM , 2014
Online Access: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/37151
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Matakuliah Robotika di Universitas Negeri Malang me­ru­­pakan matakuliah wajib bagi mahasiswa pro­­gram pendidikan S1 Pendidikan Teknik Elek­tro. Berda­sar­kan hasil wawancara dengan pengajar dan pengalaman pada saat menem­puh matakuliah robotika, kendala yang dihadapi adalah me­­­­dia pembelaja­ran yang di­gu­nakan. Hal tersebut di­ka­renakan terbatasnya sarana dan prasarana sehingga ku­­­rang sesuai dengan stan­dart kompetensi yang terdapat pada matakuliah Robo­tika. Selama satu semester, ma­­­hasiswa hanya terbatas pada pengetahuan robot line follower yang membuat stan­­dart kompetensi matakuliah robotika belum terpenuhi. Berdasarkan alasan tersebut, dibutuhkan trainer robot lengan otomatis sebagai media pembelajaran Robotika. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkan me­­dia pembelajaran berupa trainerrobot lengan otomatis un­tuk matakuliah Robo­ti­ka; (2) untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul praktikum dan pe­­tun­­juk peng­gunaan trainer robot lengan otomatis untuk matakuliah Roboti­ka; (3) melakukan pengujian kelayakan hasil penelitian untuk mengetahui tingkat ke­la­­­­­ya­­kan produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Sugiyono yang telah disesuaikan dengan obyek pe­ne­­litian. Langkah-langkahnya adalah: (1)potensi dan masalah; (2) pengumpu­lan data; (3) desain produk; (4) validasi desa­in; (5) revi­si desain; (6) uji coba pro­duk; (7) revisi produk. Pengambilan data validasi pada pengembangan ini dalam bentuk kuesioner, kuesioner yang digunakan terdiri dari 3 jenis berdasarkan res­pon­­den, yaitu untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Hasil uji coba produk yang dilakukan pada 3 (tiga) kelompok responden diperoleh hasil sebagai berikut: (1) ahli media menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 97,29%; (2) ahli materi menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 94%; dan (3) mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2011 offering B menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 91,16% pada uji coba kelompok kecil dan 92,48% pada uji coba kelompok besar. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.